Ekperimentasi Pembelajaran Kooperatif NHT (Numbered Head Together) Dan Snowball Throwing Pada Sub Materi Aritmetika Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII MTs Ma’arif NU 01 Bruno Tahun Ajaran 2013/2014

Arsenita Arisanti

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa pada sub materi aritmetika sosial dengan model pembelajaran NHT lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Snowball Throwing. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 01 Bruno. Sampel dalam penelitian berjumlah 86 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes prestasi belajar matematika siswa berbentuk pilihan ganda. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas variansi menggunakan uji Bartlett kemudian uji keseimbangan menggunakan uji t. Dengan 𝛼 = 0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal, memiliki variansi yang sama dan memiliki kemampuan awal yang sama. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan 𝛼 = 0,05 menunjukkan tobs sebesar 2,595 lebih besar dari ttabel sebesar 1,645 sehingga H0 ditolak. Nilai rata-rata pada model pembelajaran NHT diperoleh 61,860 sedangkan nilai rata-rata pada model pembelajaran Snowball Throwing diperoleh 57,093. Sehingga model pembelajaran NHT menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran Snowball Throwing.

 

Kata kunci: NHT, Snowball Throwing, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v9i1.1229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.