EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Agus Prasetyo, Supriyono, Nila Kurniasih

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran PMRI lebih baik dibandingkan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada materi segitiga dan segiempat siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Ambal tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah tes prestasi belajar matematika siswa pada materi segitiga dan segiempat berjumlah 21 item soal yang sudah diuji validitasnya dengan teknik korelasi Product moment dan diuji reliabilitasnya dengan rumus KR-20. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t. Sebelum melakukan uji hipotesis dilakukan uji normalitas dengan Liliefors dan homogenitas dengan Bartlet. Rerata nilai hasil penelitian pada kelas eksperimen 85,26 dan rerata nilai kelas kontrol 77,83. Dari hasil uji hipotesis mendapatkan nilai uji t (tobs) sebesar 2,447 dengan nilai tabel t0,05;32 sebesar 1,645, dengan DK ={t|t >1.645}. Karena nilai tobs Î DK maka H0 ditolak. Kesimpulannya prestasi belajar matematika siswa yang mendapat pembelajaran dengan model pembelajaran PMRI lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada materi segitiga dan segiempat siswa kelas VII semester genap SMP N 1 Ambal.

Kata kunci: PMRI, Konvensional, Prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v9i1.1226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.