UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER

Umi Rokhmawati, Supriyono, Isnaeni Maryam

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa melalui model Numbered Head Together. Model Pembelajaran Numbered Head Together ini diterapkan pada materi kesebangunan, simetri lipat, simetri putar serta masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 2 siklus. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri I Kertodeso siswa kelas V semester II tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 2 metode, yaitu metode observasi dan metode tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar yaitu persentase keaktifan belajar meningkat yang cukup baik pada siklus I meningkat menjadi baik pada siklus II. Sedangkan prestasi belajar siswa pada pra siklus mencapai ketuntasan 40% meningkat pada siklus I sebesar 80% dan pada siklus II mencapai ketuntasan belajar 87%. Jadi model pembelajaran Numbered Head Together efektif untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika.

 

 

Kata kunci: Numbered Head Together, keaktifan, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i3.1129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.