PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP MENGGUNAKAN METODE RANGKING 1DI KELAS VII A MTS AT-TAUHID JOGOMERTAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Nur khamimah, Nila Kurniasih, Mita Hapsari Jannah.

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep menggunakan metode rangking 1. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan metode tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keaktifan belajar dan soal tes  pemahaman konsep yang berbentuk uraian. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik kualitatif pengamatan dan kuantitatif statistik deskriptif rerata dan persentase. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode rangking 1 dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan siswa yang pada akhirnya meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal ini dapat diamati dari perubahan sikap dan pemahaman siswa yang sudah memenuhi indikator penelitian. Pada siklus I yang hanya mencapai persentase keaktifan 61,13%, rerata pemahaman konsep 69,31, dan dengan nilai ketuntasan klasikal sebesar 68,18%. Pada siklus II, diperoleh hasil persentase keaktifan mencapai 82,72%, rerata pemahaman konsep mencapai 80,45, dan dengan nilai ketuntasan klasikal sebesar 90,90%.

 

Kata kunci: metode rangking 1, keaktifan, dan pemahaman konsep.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i3.1128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.