EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED DAN PROBLEM POSING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI DIMENSI-TIGA

Lisa Purwandari, Bambang Priyo Darminto, Erni Puji Astuti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih baik atau tidaknya model pembelajaran open-ended jika diterapkan pada proses pembelajaran dibandingkan model pembelajaran problem posing dalam pemahaman konsep volume dimensi-tiga. Populasi penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI RPL SMK Muhammadiyah I Wonosobo tahun pelajaran 2012/2013 sejumlah 127 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling, diperoleh sampel yaitu kelas XI RPL 2 sebagai kelompok eksperimen I dan XI RPL 3 sebagai kelompok eksperimen II. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data sebanyak lima soal essay yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Dari uji keseimbangan menggunakan uji-t dua pihak diperoleh hasil bahwa kedua kelompok memiliki kemampuan awal yang sama, sedangkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t pihak kanan menunjukkan  sehingga H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar berupa pemahaman konsep siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran open-ended pada materi volume bangun ruang lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan model pembelajaran problem posing.

 

Kata kunci: open-ended, problem posing, pemahaman konsep


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i3.1125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.