EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED DAN PROBLEM POSING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI DIMENSI-TIGA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih baik atau tidaknya model pembelajaran open-ended jika diterapkan pada proses pembelajaran dibandingkan model pembelajaran problem posing dalam pemahaman konsep volume dimensi-tiga. Populasi penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI RPL SMK Muhammadiyah I Wonosobo tahun pelajaran 2012/2013 sejumlah 127 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling, diperoleh sampel yaitu kelas XI RPL 2 sebagai kelompok eksperimen I dan XI RPL 3 sebagai kelompok eksperimen II. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data sebanyak lima soal essay yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Dari uji keseimbangan menggunakan uji-t dua pihak diperoleh hasil bahwa kedua kelompok memiliki kemampuan awal yang sama, sedangkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t pihak kanan menunjukkan sehingga H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar berupa pemahaman konsep siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran open-ended pada materi volume bangun ruang lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan model pembelajaran problem posing.
Kata kunci: open-ended, problem posing, pemahaman konsep
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i3.1125
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
![Lisensi Creative Commons](https://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.