PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI)

Amanatul Qirom, Mujiyem Sapti, Nila Kurniasih

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Waluyorejo melalui pembelajaran matematika dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas V SD Negeri 2 Waluyorejo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Waluyorejo sebanyak 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrumen dalam penelitian berupa hasil observasi dan hasil tes belajar. Observasi dalam penelitian ini berupa observasi keaktifan siswa dan observasi aktivitas pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan peneliti. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran matematika melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Waluyorejo. Hal tersebut dapat terlihat dari peningkatan pada rata-rata keaktifan dan hasil belajar siswa pada tes siklus I dan tes siklus II. Pada tes siklus I rata-rata keaktifan siswanya adalah 69,32% sedangkan pada tes siklus II meningkat menjadi 81,83%, Untuk peningkatan hasil belajar siswa dapat terlihat pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 62,96% dan pada siklus II  meningkat menjadi 77,78%, dan untuk nilai rata-rata kelas adalah 64,81 meningkat menjadi 72,22.

 

Kata kunci : Keaktifan, Hasil Belajar, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i3.1123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.