PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS AKTIVITAS BELAJAR POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR

Nani Sugiarti, Bambang Priyo Darminto, Riawan Yudi Purwoko

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kualitas lembar kerja siswa (LKS) berbasis aktivitas belajar siswa berdasarkan kelayakan LKS dan mendeskripsikan penilaian siswa terhadap penggunaan LKS dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development), produk yang dikembangkan berupa LKS berbasis aktivitas belajar siswa pokok bahasan keliling dan luas bangun datar. Peneliti menggunakan langkah pengembangan menurut Borg and Gall, yaitu (1) studi literatur dan pengumpulan data, (2) melakukan perencanaan, (3) mengembangkan produk awal, (4) melakukan uji coba terbatas, dan (5) melakukan revisi terhadap produk awal. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Kalibawang  tahun pelajaran 2012/2013. Instrumen penelitian berupa lembar evaluasi ahli materi, lembar evaluasi oleh guru, tes hasil belajar, dan angket penilaian siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis aktivitas belajar siswa memiliki kualitas sangat layak. Penilaian  siswa terhadap LKS dinyatakan baik berdasarkan analisis angket dengan skor total x = 996.

Kata kunci: LKS, Aktivitas Belajar, Segi Empat


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i3.1122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.