EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBASIS THINK PAIRS SHARE (TPS) MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Hendra Surya Setyadi, Bambang Priyo Darminto, Prasetyo Budi Darmono

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing berbasis TPS lebih baik digunakan dalam kegiatan pembelajaran daripada menggunakan model pembelajaran ekspositori pada materi bangun ruang sisi datar sub materi kubus dan balok. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 14 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelompok yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan VIII F sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes Dari uji keseimbangan menggunakan uji-t dua pihak diperoleh hasil kedua kelompok memiliki kemampuan awal yang sama sedangkan uji hipotesis menggunakan uji-t pihak kanan dengan  menunjukkan  sehingga H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe Snowball Throwing berbasis TPS pada pokok bahasan Bangun Ruang sisi datar lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori.

 

Kata kunci: prestasi belajar, Snowball Throwing, Think Pairs Share (TPS)


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i3.1120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.