EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN MODEL ATI DAN STAD PADA SISWA KELAS VIII SMP N 3 GRABAG KAB. MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Aptitude Treatment Interaction (ATI) lebih baik dari pada prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada kompetensi dasar luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar kelas VIII semester genap SMP Negeri 3 Grabag Kab. Magelang tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimentasi semu dengan populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Grabag Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2012/2013 dan sampelnya kelas VIII A dan VIII E. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sebelum data penelitian dianalisis, dilakukan uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode uji chi kuadrat dengan taraf signifikansi 0,05. Pada pengujian hipotesis menggunakan uji t diperoleh tobs = 2,597. Dengan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel =1,645. Karena tobs > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehigga diperoleh kesimpulan bahwa prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Aptitude Treatment Interaction (ATI) lebih baik dari pada prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada kompetensi dasar luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar kelas VIII semester genap SMP Negeri 3 Grabag Kab. Magelang tahun pelajaran 2012/2013.
Kata kunci: ATI, STAD, prestasi belajar.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i3.1117
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.