Hubungan Kecakapan Sosial dan Peran Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika

Ardiana Purnamasari, Budiyono

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan kecakapan sosial terhadap prestasi belajar matematika; peran orang tua terhadap prestasi belajar matematika; dan kecakapan sosial dan peran orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 1829 siswa. Sampel penelitian sebanyak 302 siswa, diambil menggunakan Proportionate Random Sampling. Instrumen Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Pengolahan data menghasilkan: thitung = 7,183; thitung =11,234;  t0,025;300 = 1,970; Fhitung = 7,183; dan F0,025;2;299 = 3,740. Pengujian hipotesis menunjukan Ho ditolak. Kesimpulan menunjukan ada hubungan yang positif dan signifikan: kecakapan sosial terhadap prestasi belajar matematika; peran orang tua terhadap prestasi belajar matematika; dan kecakapan sosial dan peran orang tua terhadap prestasi belajar matematika.

 

Kata kunci: Hubungan, kecakapan sosial, peran orang tua.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i3.1115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.