PENINGKATAN PARTISIPASI SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR-SHARE (TPS)

Aneng Sih Samitri, Mujiyem Sapti, Nila Kurniasih

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Purwanegara tahun pelajaran 2013/2013 melalui pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dan guru mata pelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Purwanegara sebanyak 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrumen dalam penelitian berupa hasil observasi dan hasil tes belajar. Observasi dalam penelitian ini berupa observasi partisipasi siswa dan observasi aktivitas pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan peneliti. Hasil penelitian pada tes siklus I rata-rata partisipasi siswanya adalah 67,50% dan nilai rata-rata kelasnya adalah 67,81 serta untuk peningkatan hasil belajar matematika siswa ketuntasan klasikalnya adalah 62,50%. Sedangkan hasil penelitian pada tes siklus II rata-rata partisipasi siswa meningkat menjadi 76,25% dan untuk nilai rata-rata kelasnya meningkat menjadi 75,00 serta untuk peningkatan hasil belajar matematika siswa ketuntasan klasikalnya adalah 78,12%. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Purwanegara.

 

Kata kunci: Partisipasi, Hasil Belajar, Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS).


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i3.1114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.