PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XII AKUNTANSI DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI

Ahmad Maskur, Nila Kurniasih

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran artikulasi. Model  pembelajaran artikulasi ini diterapkan pada materi matriks. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan selama 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRI Bagelen siswa kelas XII Akuntansi tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 metode, yaitu metode observasi, tes, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan rumus rerata dan persentase. Hasil analisis data diperoleh bahwa rerata skor keaktifan belajar siswa sebesar 57% pada siklus I, pada siklus II rerata skor keaktifan siswa sebesar 75%. Rerata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 74,26 dengan ketuntasan klasikal 65% dan pada siklus II rerata hasil belajar siswa 77,86 dengan ketuntasan klasikal 85%. Ini berarti keaktifan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Jadi, pembelajaran melalui model pembelajaran artikulasi dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa di kelas XII Akuntansi SMK PGRI Bagelen tahun pelajaran 2013/2014.

 

Kata kunci: keaktifan, hasil belajar, artikulasi


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i1.1074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.