MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMANFAATAN ALAT PERAGA DAN LKS PADA SISWA KELAS IV

Erni Kurniati, Bambang Priyo Darminto, Wharyanti Ika P

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan alat peraga dan LKS dalam pembelajaran matematika dalam pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Candiwulan Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 2 Candiwulan yang berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 9 siswa  laki-laki dan 10 siswi perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Rerata hasil belajar pada UTS sebesar 51,8, pada siklus I sebesar 66,8 dan pada siklus II mencapai 71,58. Tingkat ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan. Pada UTS atau sebelum dilakukan penelitian siswa yang tuntas belajar sebesar 47,46%. Setelah penelitian menggunakan alat peraga dan LKS dalam pembelajaran matematika, ketuntasan meningkat menjadi 52,63% pada siklus I dan menjadi 78,95% pada siklus II.

 

Kata kunci: PTK, Alat Peraga, LKS


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i1.1072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.