PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MEDIA LKS DALAM PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SD NEGERI GIRIREJO KECAMATAN NGOMBOL KABUPATEN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Indriawati .

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas v semester II dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika. Keadaan ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan motivasi pada siklus I sebesar 86,27% dimana rata-rata motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan prestasi belajar matematika siswa dapat dilihat dari tes UTS-II dengan rerata 69,31 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 77,27%, setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I ada peningkatan rerata sebesar 86,31 dengan persentase ketuntasan klasiskal sebesar 86,36%. Demikian dapat disimpulkan bahwa dengan adanya penerapan model pembelajaran Talking Stick dengan media LKS dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar matematika siswa dikelas V SD Negeri Girirejo Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2012/2013.

 

Kata kunci: motivasi,prestasi,model pembelajaran talking stick, LKS


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i1.1063



Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.