PENINGKATAN KETERLIBATAN DAN MINAT BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN STAD TERMODIFIKASI PERMAINAN ULAR TANGGA

Leli Dwi Nugraheni, Mujiyem Sapti, Riawan Yudi Purwoko.

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan, minat dan hasil belajar siswa kelas V B SD Negeri 2 Pejagoan melalui model kooperatif Tipe STAD termodifikasi permainan ular tangga. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 2 Pejagoan mulai bulan Maret hingga Juni 2013. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa  kelas V B SD Negeri 2 Pejagoan yang berjumlah 26 siswa. Yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah keterlibatan dan minat belajar siswa. Teknik pengambilan data dengan menggunakan metode observasi, kuisioner, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah persentase keterlibatan siswa dari 65% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II, persentase minat belajar siswa dari 77,85% pada pra tindakan menjadi 81,35% setelah dikenai tindakan, dan rata-rata hasil tes evaluasi dari 59,79 dengan persentase ketuntasan 29,17% pada siklus I  menjadi 75,71 dengan persentase ketuntasan 70,83% pada siklus II.

 

Kata Kunci: STAD, keterlibatan, minat


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v7i4.1048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.