KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA DIKAITKAN PENGUASAAN FAKTOR DAN KELIPATAN SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan penguasaan faktor dan kelipatan dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa. Populasi pe-nelitian ini seluruh siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Puring yang berjumlah 976 siswa. Sampel penelitian ini 254 siswa. Teknik sampling yang digunakan disproportinate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes. Hasil analisis data di-lakukan dengan analisis korelasi Product Moment , diperoleh koefisien korelasi sebesar . Dari uji-t diperoleh = 15,56. Dengan taraf kesalahan 0,05 diperoleh . Nilai maka ditolak. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan penguasaan faktor dan kelipatan dengan ke-mampuan menyelesaikan soal cerita.
Kata kunci: hubungan, penguasaan faktor dan kelipatan, kemampuan menyelesaikan soal cerita
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v7i3.1036
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.