KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA DIKAITKAN PENGUASAAN FAKTOR DAN KELIPATAN SISWA SEKOLAH DASAR

Riyanti Khasanah, Budiyono

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan penguasaan faktor dan kelipatan dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa. Populasi pe-nelitian ini seluruh siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Puring  yang berjumlah 976 siswa. Sampel penelitian ini 254 siswa. Teknik sampling yang digunakan disproportinate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes. Hasil analisis data di-lakukan dengan analisis korelasi Product Moment , diperoleh koefisien ko­relasi sebesar . Dari uji-t diperoleh = 15,56. Dengan taraf kesalah­an 0,05 diperoleh . Nilai  maka  ditolak. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan penguasaan faktor dan kelipatan dengan ke-mampuan menyelesaikan soal cerita.

 

Kata kunci: hubungan, penguasaan faktor dan kelipatan, kemampuan menyelesaikan soal cerita


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v7i3.1036



Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.