PENGARUH KEMANDIRIAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA TEKNIK SIPIL MELALUI PEMBELAJARAN E-LEARNING

Sriyono Sriyono

Abstract


Penelitian eksplorasi ini betujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian dan minat belajar terhadap prestasi belajar mata kuliah Ilmu Ukur Tanah mahasiswa Program Studi Teknik Sipil. Untuk mencapai ujuan tersebut intrumen penelitian berupa angket dan tes digunakan untuk mengumpulkan data. Subyek dalam penelitian adalah mahasiswa Teknik Sipil sebanyak 80 mahasiswa. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa kemandirian dan minat belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata kuliah Ilmu Ukur Tanah mahasiswa Program Studi Teknik Sipil melalui pembelajaran e-lerning dengan mengikuti persamaan Y = 42.649 + 0.338 X1 + 0.232 X2. Persamaan regersi linear ini signifikan dengan nilai F = 20.079 dan p = 0.000. Kemandirian dan minat belajar secara bersama berpengaruh terhadap prestasi belajar mata kuliah Ilmu Ukur Tanah mahasiswa Program Studi Teknik sebesar R2 = .340. Kemandirian belajar secara mandiri memberikan pengaruh r = 0.431 (r2 = 0,186) dan minat belajar secara mandiri memberikan pengaruh r =0 .233 (r2 = 0,054 ) terhadap prestasi belajar mata kuliah Ilmu Ukur Tanah mahasiswa mahasiswa Program Studi Teknik Sipil melalui pembelajaran e-lerning

 

Kata Kunci : e-learning; kemandirian belajar; minat belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.