PEMANFAATAN APLIKASI CANVA DALAM PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI DI KELAS 7 SMP NEGERI 4 PURWOREJO
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan teknologi digital dalam pembelajaran. Teknologi merupakan hal yang paling utama pada pendidikan saat ini, tanpa adanya teknologi pendidikan akan terhambat dilaksanakan dikarenakan tidak adanya jejaring yang menghubungkan guru dengan siswa saat belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dimana teknik ini menghasilkan teknik analisis data yang digunakan dalam kajian ini yakni menggunakan teknik kualitatif, dimana teknik ini menghasilkan data yang disajikan dalam bentuk kata-kata atau verbal bukan dalam bentuk angka sehingga tidak dapat dihitung secara langsung, dalam artian dengan pengumpulan data-data seperti buku, jurnal, artikel ataupun media elektronik. Salah satu integrasi teknologi dalam dunia pendidikan yaitu penggunaan dan pemanfaatan aplikasi canva dalam penerapan metode mind mapping pada pembelajaran menulis teks cerita fantasi dalam proses pembelajaran. Mind mapping merupakan salah satu metode pembelajaran inovatif yang dapat mengembangkan ide-ide secara kreatif dan imajinatif. Penggunaan metode mind mapping dan media canva dapat membantu peserta didik menguasai kemampuan yang harus dimiliki pada abad 21 ini. Dalam hal ini penerapan mind mapping digunakan sebagai alat untuk menuangkan ide berupa kerangka unsur instrinsik cerita fantasi yang akan dibuat oleh siswa yang kemudian dituangkan ke dalam sebuah tulisan berupa teks cerita fantasi.
Kata kunci: Abad 21, Teknologi, Mind Mapping
Full Text:
PDFReferences
Buzan, Tony. 2007. Buku Pintar Mind Mapping Untuk Anak. (Terjemah Susi Purwoko). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Dewi, Silvya Mega dan Teti Sobari. (2018). “Pembelajaran Menulis Teks Cerpen dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas XI SMK Citra Pembaharuan”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1. No. 6, 989-998.
Annisa, Nurin. (2022). “Pemanfaatan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa”. Jurnal Online Tata Busana, 11. No. 1.
Apriani, Wini. (2020). “Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Dengan Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Jalan Cagak Tahun Pelajaran 2019/2020”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1. No. 1, 3-3.
Ikbal. (2021). “Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Model Pembelajaran Mind Mapping pada Siswa Kelas IX”. Journal of Education Research. 5. No. 4, 465-471.
Sholeh, Khabib dan Siti Afriani. (2016). “Teknik Mind Mapping Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Pada Siswa SMA”. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 2. No. 2, 27-45.
Kustian, Nina Gantina. (2021). “Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1. No. 1, 30-37.
Nurhaeni, Nurhaeni dan M Januar Ibnu Adham. (2019). “Pengaruh Metode Mind Mapping dengan Aplikasi Imindmap Dalam Pembelajaran Membaca Cerpen Sebagai Bentuk Karakter Pada Kelas XI SMA Negeri 1 Pedes”. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 4. No. 1, 25-35.
Kusyani, Nurhayati Diah. (2020). “Model Mind Mapping Berbasis Media Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Cerpen”. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5. No. 2, 84-90.
DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v11i2.9049
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Bahtera: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.