IMPLEMENTASI DISCOVERY LEARNING BERBANTU TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA

Lutfi Al Kaaf, Eko Hendarto, Abdul Ngafif, Puspa Dewi, Yuli Widiyono

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah rendahanya keterampilan menulis peserta didik kelas VIII A SMPN 2 Karangsambung, Kebumen. Mengambil nilai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) 70, hasil asesmen awal menunjukkan bahwa nilai rata-rata peserta didik yaitu 66 dan masih dibawah KKTP. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis peserta didik melalui implementasi discovery learning berbantu talking stick pada peserta didik kelas VIII A sebagai subjek penelitian. Peneliti menggunakan Quasi Experiment One Group Pre-test Post-test sebagai desain penelitian dikarenakan penelitian dilakukan pada satu kelompok yaitu kelas VIII A SMPN 2 Karangsambung, Kebumen. Pada pelaksanaannya, peneliti mengikuti sintak yaitu pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan menarik kesimpulan. Hasil asesmen akhir menunjukkan peningkatan keterampilan menulis siswa dengan indikator rata-rata nilai adalah 78. Hasil observasi Profil Pelajar Pancasila menunjukkan bahwa pada dimensi mandiri, peserta didik mampu mencari ide karya tulis secara mandiri, pada dimensi bergotong royong, peserta didik menunjukkan sikap kerjasama dalam memecahkan masalah, pada dimensi kreatif siswa dapat mengembangkan idenya menjadi karya tulis. Perubahan kompetensi dan perubahan perilaku menunjukkan bahwa metode discovery learning berbantu talking stick mampu meningkatkan keterampilan menulis peserta didik kelas VIIIA SMPN 2 Karangsambung, Kebumen.


Full Text:

PDF

References


Akmal, A. (2021). Improving the Students’ Writing Through Talking Stick Model at Grade XI Students. JOURNAL OF SCIENCE AND SOCIAL RESEARCH, 4(2), 142. https://doi.org/10.54314/jssr.v4i2.549

Akmaliah, J. M., Supriadi, O., & Sinta Rosalina. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Fabel Siswa Kelas VII SMPN 2 Kutawaluya. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(1), 353–362. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1735

Anggraini, R. W. (2020). The Discovery Learning in Teaching Writing Skill in Junior High School. Global Expert: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 8(2). https://doi.org/10.36982/jge.v8i2.1016

B. Airmah. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMPN 7 Mataram Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 1(3), 52–59. https://doi.org/10.36312/jcm.v1i3.188

Dwi Putri, N., Sukma, E., & Susilawati, T. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan dengan Meng




DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v11i2.9002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bahtera: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.