MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DENGAN METODE CIRC BERBANTU CARD GAME

Titin Kusmiati, Abdul Ngafif, Puspa Dewi, Yuli Widiyono

Abstract


Rendahnya kemampuan membaca di SMPN 2 Sruweng menjadi latar belakang penelitian. Hasil tes diagnostik menunjukkan bahwa subjek penelitian yaitu kelas VIIIB kemampuan membacanya masih rendah dengan indikasi rata-rata nilainya 60 dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) sebesar 37,5%. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa yang menjadi subjek penelitian. Dengan menerapkan metode penelitian One Group Pre-test Post-test, peneliti menerapkan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantu Card Games dengan sintak mengamati, mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan. Hasil post-test menunjukkan peningkatan dengan rerata hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 75,31 dengan KKTP yaitu 100%. Dari hasil observasi Profil Pelajar Pancasila pada dimensi gotong royong,  59,30% peserta didik sudah menunjukan sikap kerjasama dan pada dimensi mandiri dan kreatif, 78,12% sudah mampu menjawab pertanyaan pada sebuah teks yang disajikan secara mandiri. Melihat adanya perubahan kompetensi dan perubahan perilaku berdasarkan hasil post-test di atas, maka penerapan CIRC berbantu Card Game mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas VIIIB SMPN 2 Sruweng.


Full Text:

PDF

References


Aprilentina, Fahrurrozi, Anwar, M., & Wicaksono, J. W. (2020). Penggunaan Metode Circ Pada Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30), 173–182. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2715

Ardana, G. N. A. (2020). Penggunaan Model Pembelajran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Journal of Education Action Research, 4(2). https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24783

Bursali, H., & Yilmaz, R. M. (2019). Effect of augmented reality applications on secondary school students’ reading comprehension and learning permanency. Computers in Human Behavior, 95, 126–135. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.01.035

Hardiani, H. (2021). Penerapan Metode CIRC(Cooperative Integrated Reading and Composition) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Otomatisasi dan Tata Kelola Keuangan Materi Mengelola Dana Kas Kecil Kelas XII OTKP1 SMK Negeri 1 Surabaya. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(2), 48–53. https://doi.org/10.51878/vocational.v1i2.170

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Herdian, F., & Ramadhan, S. (2023). Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Perguruan Islam Ar-Risalah. AS-SABIQUN, 5(5), 1266–1280. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i5.3839

Nurhasnah, N. (2021). Permainan Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Keberhasilan Membaca pada Siswa SDN 32 Sungai Jaring. Jurnal Sosial Sains, 1(7), 715–725. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.158

Okkinga, M., Van Steensel, R., Van Gelderen, A. J. S., & Sleegers, P. J. C. (2018). Effects of reciprocal teaching on reading comprehension of low‐achieving adolescents. The importance of specific teacher skills. Journal of Research in Reading, 41(1), 20–41. https://doi.org/10.1111/1467-9817.12082

Sari, M., Rachman, H., Juli Astuti, N., Win Afgani, M., & Abdullah Siroj, R. (2022). Explanatory Survey dalam Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 10–16. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1953

Sartika, D., Musyifah, S., & Syarifuddin, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII MTsN 4 Bima. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 3(1), 38–50. https://doi.org/10.53299/diksi.v3i1.139

Setiawan, R., Syahria, N., Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Andanty, F. D., Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Nabhan, S., & Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. (2022). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris Smk Kota Surabaya. Jurnal Gramaswara, 2(2), 49–62. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05

Sulaiman, R., & Akidah, I. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Media Flash Card Pada TPA Masjid Baitul Maqdis. Madaniya, 2(3), 242–252. https://doi.org/10.53696/27214834.84

William, W., & Hita, H. (2019). Mengukur Tingkat Pemahaman Pelatihan PowerPoint Menggunakan Quasi-Experiment One-Group Pretest-Posttest. Jurnal SIFO Mikroskil, 20(1), 71–80. https://doi.org/10.55601/jsm.v20i1.650




DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v11i2.9001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bahtera: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.