KISAH NABI YUSUF DALAM AL-QUR’AN DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN LITERARY APPRECIATION PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

Junaedi Setiyono, Ismawati Ike Nugraheni, Bagiya Bagiya

Abstract


Pentingnya peran agama dalam kehidupan manusia tidak diragukan lagi. Banyak agama yang lahir ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu masih diakui keberadaannya hingga saat ini. Yudaisme, Kristen, dan Islam merupakan tiga agama besar yang pengikutnya mempunyai pengaruh besar pada perkembangan peradaban manusia sedunia. Dalam kitab suci ketiga agama tersebut terdapat kisah tentang Nabi Yusuf. Dalam kitab suci Islam, kisah Nabi Yusuf dikatakan sebagai kisah terbaik. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah, pertama, untuk mengetahui keistimewaan Al-Qu'ran berbahasa Inggris terjemahan Abdullah Yusuf Ali di mana kisah tentang Nabi Yusuf ditemukan. Kedua, penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan temuan dan pendapat cendekiawan muslim kelas dunia yang dapat mendukung tujuan pertama penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif atau library research dengan menggunakan teknik note taking yang memanfaatkan teknologi informasi atau jaringan internet. Hasil penelitian ini adalah bahwa Kitab Suci Al-Qur’an dapat digunakan dalam pembelajaran Literary Appreciation yang merupakan salah satu mata kuliah di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Purworejo. Kemudahan memperoleh kitab suci terjemahan itu dan kualitas terjemahannya menjadi alasan utamanya. Diketahui pula bahwa cendekawan muslim yang meneliti kisah Nabi Yusuf adalah Mustansir Mir, seorang akademisi asal Pakistan yang mengajar di beberapa universitas ternama di Amerika Serikat. Dalam mengkaji kisah Nabi Yusuf, akademisi ini menemukan tiga perangkat sastra dalam Surah Yusuf, yaitu alur, tema, dan tokoh. Dengan demikian, kisah Nabi Yusuf ini dapat dimasukkan sebagai materi tambahan dalam perkuliahan Literary Appreciation di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan mensinergikan karya Abdullah Yusuf Ali dan Mustansir Mir. Materi tambahan ini diharapkan menjadi salah satu ciri khas Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Kata kunci: Abdullah Yusuf Ali, Mustansir Mir, Kisah Yusuf, Literary Appreciation

Full Text:

PDF

References


Al-Tufayl, Qasim A. D. and M.A. Karam. 2022. Structuring Emphasis in Arabic and English: The Case of Abdullah Yusuf Ali’s and Muhammed Asad’s Translations of the Holy Quran. Journal of Positive School Psychology. Vol. 6 No. 11 2814-2821

Aminullah, Muhammad. 2016. Hermeneutika dan Linguistik Perspektif Metode Tafsir Sastra Amin Al-Khuli.Vol. IX No. 2 325-346

Bennet, Andrew & Nicholas Royle. 2004. An Introduction to Literature, Criticism and Theory. Harlow. Pearson Education Limited

Cucinielo, Antonio. 2019. Joseph in the Qur’an, a Prophetic Narrative, Incidents, and Specific Language. Folia Orientalia. Vol. LVI

Hamsa, et al. 2019. Kajian Kesusastraan Modern Kisah Nabi Yusuf AS. Makassar: Gunadarma Ilmu

Iqbal, Muhammad Omer. 2013. The Quran as a Literary Masterpiece within its Religious Millieus. Near Eastern Languages and Civilization. University of Washington

Mahliattusikah, Hanik. 2016. Analisis Kisah Nabi Yusuf Dalam Al-Quran Melalui Pendekatan Interdisipliner Psikologi Sastra. Arabi: Journal of Arabic Studies. Vol. 1 No. 2. 76-89

Matswah, Akrimi. 2017. Mustansir Mir and a Contemporary Literary Approach to the Qasas Al-Qur’an: Study of Qur’anic Story of Joseph. Ulumuna. Vol. 12, No. 2, 2017, 391-411

Maxwell, Joseph A. 1992. Understanding and Validity in Qualitative Research. Qualitative Research. Harvard Educational Review. Vol. 62 No. 3. 279-300

Mir, Mustansir. 1986. The Qur’anic Story of Joseph: Plot, Themes, and Characters. The Muslim World. Vol. LXXVI No, 1. University of Michigan. Ann Arbor, MI.

Mir, Mustansir. 1991. Humor in the Qur’an. The Muslim World. Vol. LXXXI No. 3-4 179-193

Mohammed, S.A.I. 2020. A Comparative Study of Qur’an English Translation By Abdullah Yusuf Ali and Muhammad Assad with a Focus on Vocabulary. International Journal of Education Humanities and Social Science. Vol. 3 No. 5 261-281

Rahman, Habibur. 2019. Amin Al-Khuli. Pendekatan Kritik Sastra Terhadap Al-Quran. Al-Irfan Vol 1 No. 1 94-120

Ramey, William D. 2004. The Literary Genius of Joseph Narrative. In TheBeginning.org

Stake, Robert E. 2010. Qualitative Research Studying How Things Work. New York. The Guilford Press




DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v11i1.8920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bahtera: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.