PENGARUH KAHOOT DAN POWERPOINT DALAM PEMAHAMAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA BERGAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDEN DAN FIELD DEPENDEN

Khabib Sholeh, Suryo Daru Santoso, Nurul Setyorini, Umi Faizah

Abstract


Abstrak: Menulis berita merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai siswa apalagi di era digital seperti sekarang ini. Namun, dilihat dari keutuhan dan keruntutan pemaparan teras berita yang ditulis siswa selama ini dikategorikan belum baik.  Oleh karena itu,  penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi pengaruh gaya kognitif dan penggunaan media kahoot dan powerpoint terhadap kemampuan menulis teks berita. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen dengan tiga nstrument pengumpul data diantaranya nstrument tes standar Group Embedded Figures Test (GEFT), tes kemampuan menulis, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh gaya kognitif dan media kahoot dan powerpoint terhadap kemampuan menulis teks berita. Siswa dengan gaya kognitif field independent (FI) lebih baik dibandingkan siswa dengan gaya kognitif field dependent (FD) dalam hal kemampuan menulis berita dengan  media kahoot.

Kata kunci: media kahoot, gaya kognitif, teks berita.

Abstrak: Menulis berita merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai siswa apalagi di era digital seperti sekarang ini. Namun, dilihat dari keutuhan dan keruntutan pemaparan teras berita yang ditulis siswa selama ini dikategorikan belum baik.  Oleh karena itu,  penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi pengaruh gaya kognitif dan penggunaan media kahoot dan powerpoint terhadap kemampuan menulis teks berita. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen dengan tiga nstrument pengumpul data diantaranya nstrument tes standar Group Embedded Figures Test (GEFT), tes kemampuan menulis, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh gaya kognitif dan media kahoot dan powerpoint terhadap kemampuan menulis teks berita. Siswa dengan gaya kognitif field independent (FI) lebih baik dibandingkan siswa dengan gaya kognitif field dependent (FD) dalam hal kemampuan menulis berita dengan  media kahoot.

Kata kunci: media kahoot, gaya kognitif, teks berita.


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Allessi, M. & Trolip, (2001). Computer Based Instructional Method and Develop-ment. Prentice Hall. New Jersey.

Brauer, A. S. (2018). Use of Kahoot game for increased student motivation and understanding in a Thermodynamics course. American Society for Engineering Education.

Depdikbud, 1992. Materi Latihan Kerja Guru PMP SLTP. Penerbit Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah : Jakarta.

Ebru, D. S. (2017). Ask Response Play Learns : Student's View On Gamification Based Interactive Response System. Journal of Education Ans Instructional Studies Un The World, Vol.7, Issue: 3, ISSN: 2146-7463 .

Kahoot. (2015). What is Kahoot. Dipetik Oktober 2, 2018, dari Kahoot: https://kahoot.com/what-is-kahoot/.

Omar, N. N. (2017). The Efffectiveness Of Kahoot Application Towards Students' Good Feeback Practice . International Journal of Social Sciences, Vol.3 Issue 2 pp 2551-2562..

Agboghoroma, T. E. (2015). Interaction Effects of Cognitive Style and Instructional Mode On Students’ Knowledge of Integrated Science. European Journal of Research and Reflection in Educational Sciences, 3(1), 47—54. Retrieved from http://www.idpublications.org/wp-content/uploads/2015/01/Interaction-effects-of-cognitive-style-and-instructional-mode-on-students%E2%80%99-knowledge-of-integrated-science.pdf.

Bahar, Herwina. Dewi Setiyaningsih, Laily Nurmalia, Linda Astriani. (2020). “Efektifitas Kahoot Bagi Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar” KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat. Volume 3 Juli 2020. Halaman 155-162. http://ejournals.stta.ac.id/index.php/KACANEGARA

Brauer, A. S. (2018). Use of Kahoot game for increased student motivation and understanding in a Thermodynamics course. American Society for Engineering Education.

Darmayanti, N.W.S., Sadia, W., & Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2013). Pengaruh Model Collaborative Teamwork Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Kognitif. 3(1). Retrieved from http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/553/345.

Djuraid, Husnun N. 2007. Panduan Menulis Berita. Malang: UMM Press

Maryatun. 2015. “Pengaruh Penggunaan Media Program Microsoft Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Strategi Promosi Pemasaran Mahasiswa Semester 2 Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro Tahun Ajaran 2014/2015” JURNAL PROMOSI Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro Vol.3.No.1 (2015) 1-13

Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nur, Suhaebah 2014. Kemampuan Menulis Teks Berita pada Peserta Didik Kelas VIII MTs di Basseang Jurnal Pepatuzdu, Vol. 7, No. 1 Mei 2014

Purnomo. 2016. “Pemanfaatan Media Belajar Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Vii B Semester 2 Tahun 2015 Smp Negeri 3 Banyubiru”. Phenomenon Jurnal Pendidikan IPA, Vol 6, No 1 (2016). Halaman 45 - 56

Putra, A., Murti, B., dan Suriyasa, P. 2013. “Hubungan Gaya Kognitif dan Penalaran Verbal dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Anatomi II pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Fakultas Olahraga Dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha)”. Jurnal Magister Kedokteran Keluarga, Volume 1 No. 1 pp. 92-103.

Reta, I. K. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 1—17 Retrieved from http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/403/195.

Rusman, dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Smaldino,et.al. (2011). Instructional Technology and Media for Learning. Colombus: Upper Saddle River.

Una, M. 2013. “Hubungan antara Gaya Kognitif Siswa dengan Hasil Belajar Matematika (Suatu Penelitian Survei dengan Pendekatan Korelasional pada Siswa VIII di SMP Negeri 1 Tilong Kabila Tahun Pelajaran 2012-2013)”. Skripsi. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Uno, Hamzah B. 2006. Orientasi dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijaya, Agung Putra. 2016. “Gaya Kognitif Field Dependent dan Tingkat Pemahaman Konsep Matematis Antara Pembelajaran Langsung dan STAD” Jurnal Derivat Volume 3 No. 2 Desember 2016. Halaman: 1 – 16.

Witkin, A. H. et al. (1977). “Field-Dependent and Independent Cognitive Style and Thei Educational Implication”. Review of Educational Research, 47 (1), hlm 1-64.




DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v11i1.8896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bahtera: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.