PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR DRAMA OLEH SISWA KELAS XI SMA ISLAM AL ULUM TERPADU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023
Abstract
Abstrak: Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap kemampuan menganalisis unsur-unsur drama oleh siswa kelas XI SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan kelas eksperimen yaitu kelas XI MIA1 berjumlah 29 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas XI IIS berjumlah 27 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalahΒ postest-only control design dengan instrumen tes. Hasil dari penelitian ini diperoleh data bahwa kemampuan menganalisis unsur-unsur dramaΒ menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual)Β memperoleh nilai rata-rata sebesar 92,241 dengan tingkat kategori sangat baik. Hal ini dapat diketahui dari siswa yang memperoleh nilai 86-100 kategori sangat baik sebanyak 26 orang (90%), dan siswa yang memperoleh nilai 76-85 kategori baik sebanyak 3 orang (10%). Selanjutnya, kemampuan siswa menganalisis unsur-unsur drama menggunakan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata sebesar 70,556 dengan tingkat kategori cukup. Hal ini dapat diketahui dari siswa yang memperoleh nilai 76-85 kategori baik sebanyak 5 orang (20%), siswa yang memperoleh nilai 66-75 kategori cukup sebanyak 17 orang (64%), dan siswa yang memperolah nilai 46-65 kategori kurang sebanyak 4 orang (16 %). Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh π‘βππ‘π’ππ = 11,233.Β Selanjutnya harga π‘βππ‘π’ππ dibandingkan dengan taraf signifikan Ξ±= 5 % dengan df = π1 + π2 - 2 = 54 maka diperoleh π‘taπππ = 2,000. Dengan kata lain, diketahui π‘βππ‘π’ππ > π‘taπππΒ yaitu 11,233 > 2,000 maka π»π diterima dengan hipotesis ada pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap kemampuan menganalisis unsur-unsur drama oleh siswa kelas XI SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023.
Kata kunci: Model pembelajaran SAVI, unsur-unsur drama
Β
ABSTRACT: This research was aim of finding out the effect of the SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) learning model on the ability to analyze drama elements by class XI SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan Year 2022/2023. This research sample used simple random sampling technique with the experimental class, class XI MIA1, totaling 29 students, and the control class, class XI IIS, totaling 27 students. The research method used is posttest-only control design with test instruments. The results of this research showed that the ability to analyze drama elements using the SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) learning model obtained an average score of 92.241 with a very good category level. This can be seen in 26 students (90%) who got a score of 86β100 in the very good category and in 3 students (10%) who got a score of 76β85 in the good category. Furthermore, students' ability to analyze drama elements using conventional learning models obtained an average score of 70.556 with a sufficient category level. This can be seen in 5 students (20%) who got a score of 76β85 in the good category, 17 students (64%) who got a score of 66β75 in the sufficient category, and 4 students (16%) who got a score of 46β65 in the poor category. Based on the results of the hypothesis test, π‘βππ‘π’ππ = 11.233. Next, the price of π‘βππ‘π’ππ is compared with the significance level Ξ±= 5 % with df = π1 + π2 - 2 = 54 so we get π‘taπππ = 2,000. In other words, it is known that π‘βππ‘π’ππ> π‘taπππΒ that 11,233> 2,000 then π»π is received with a hypothesis there is an influence of SAVI learning models (somatic, auditory, visuals, intellectuals) on the ability to analyze drama elements by class XI SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan Year 2022/2023.
Keywords: SAVI learning model, drama elements
Full Text:
PDFReferences
Collin, Rose dan Malcolm J. Nicholl. 2009. Accelered Learning for the 21 st Century. Jakarta: Nuansa.
Endraswara, Suwardi. 2014. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: PT Buku Seru.
Istarani dan Muhammad Ridwan. 2011. 50 Tipe, Strategi dan Teknik Pembelajaran Kooperatif. Medan: Media Persada.
Meier, Dave. 2002. The Accelerated Learning Handbook. Bandung: Kaifa.
Pasaribu, Oktavia Lestari. 2020. Pengantar Kajian Drama. Medan: Pustaka Pemuda.
Rahayu, Puji. Mutmainnah M., dan Mercy A. 2021. A Study on the Character Building and Messages of βLady Windermereβs Fanβ Drama by Oscar Wilde. E-Jurnal, Jurnal Pendidikan Bahasa. Vol. 8, hal. 96. (https://unimuda.e-journal.id/jurnalinteraction/article/view/968/603).
Shoimin, Aris. 2020. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suherli, Maman Suryaman, Aji Septiaji, & Istiqomah. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v10i2.8794
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Bahtera: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email:Β pbsi@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.