NILAI PENDIDIKAN KARAKTER KOMUNIKATIF DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS X KURIKULUM MERDEKA

Oktaviani Windra Puspita, Widowati Widowati, Mukhlis Mukhlis, Ria Selvy Nugraheny

Abstract


Buku menjadi sangat penting untuk menjadi sarana edukasi menumbuhkan nilai-nilai karakter siswa di negara Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai pendidikan karakter komunikatif yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas X kurikulum merdeka. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis deskripsi kualitatif mengungkapkan bahwa buku teks Bahasa Indonesia kelas X kurikulum merdeka terdapat 11 nilai pendidikan karakter komunikatif. Pada bab I dan bab III masing-masing terdapat 1 nilai pendidikan karakter komunikatif.  Bab IV terdapat 7 nilai pendidikan karakter komunikatif. Dan 2 nilai pendidikan karakter komunikatif pada bab VI. Sedangkan pada bab II dan bab IV tidak ditemukan nilai pendidikan karakter komunikatif. Kesimpulannya, buku teks Bahasa Indonesian kelas X kurikulum merdeka telah sesuai dengan arah pendidikan Indonesia yang menekankan pada penanaman nilai-nilai karakter.

Kata kunci: nilai pendidikan karakter komunikatif, buku teks Bahasa Indonesia kelas X, kurikulum merdeka


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ali, A. M. (2018). Pendidikan Karakter: konsep dan implementasinya. Prenada Media.

Arif, S., & Cahyo, A. N. (2022). Nilai Karakter pada materi Sastra dalam Buku Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas. Jurnal Bahasa, 25-37.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestari, R., Zamroni & Kemdikbud. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Aulia, F. T., & Gumilar, S. I. (2021). Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Filasari, R. (2020). Wacana Penguatan Pendidikan Karakter dalam Buku Teks Sejarah Indonesia. Jurnal Pendidikan Sejarah, 90-109.

Hadi, L. (2020). Pro dan Kontra Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6 (4), 812-818.

Kafarisa, R. F., & Kristiawan, M. (2018). Kelas Komunitas Menunjang Terciptanya Karakter Komunikatif Peserta Didik Homeschooling Palembang. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 68-76.

Lisa, N. W., Sujaya, I. W., & Suadnyana, I. N. (2018). Hubungan antara Sikap Komunikatif sebagai Bagian dari pengembangan Karakter dengan Kompetensi Inti Pengetahuan IPS Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 158-166.

Rosidiatun. (2018). Model Implementasi Pendidikan Karakter . Gersik: Caramedia Comunication.

Sanjaya, W., & Desyandri. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter pada Kurikulum Merdeka menurut Kajian Filsafat Progresivisme. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1-8.




DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v10i2.8765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Bahtera: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.