PENGGUNAAN BAHASA IBU DAN KESANTUNAN BAHASA DALAM INTERAKSI SOSIAL PEMERINTAH DAERAH PURWOREJO

Eko Santosa, Rochimansyah Rochimansyah, Aris Aryanto, Yuli Widiyono

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk penggunaan bahasa ibu (bahasa Jawa) salah satunya wujud dialek dan kesantunan bahasa dalam interaksi sosial di Pemerintah Daerah Purworejo, prinsip kesantunan dan faktor yang mempengaruhi kesantunan bahasa dalam interaksi sosial di pemerintah Daerah Purworejo. Penelitian  ini  digolongkan  sebagai  penelitian  naturalistik. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber lisan yang berasal dari peristiwa tutur yang terjadi di antara para penutur, yaitu  masyarakat, pejabat di lingkungan Pemerintahan daerah Purworejo. Objek penelitian ini adalah   penggunaan   bahasa   ibu   (Jawa)   wujud   dialek   masyarakat,   pejabat   di lingkungan Pemerintahan daerah Purworejo. Pengumpulan data dalam penelitian ini, antara lain; dengan observasi, wawancara secara mendalam, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model interaktif. Bentuk wujud bahasa ibu (Jawa) wujud dialek serta kesantunan tuturan direktif dalam peristiwa tutur di lingkungan Pemerintah daerah (PEMDA) Purworejo dapat dilihat berdasarkan penanda dan kaidah bahasa yang santun, yaitu (a) penutur berbicara wajar dengan akal sehat, (b) penutur mengedepankan pokok masalah yang diungkapkan, (c) penutur selalu berprasangka baik kepada mitra tutur, (d) penutur terbuka dan menyampaikan kritik secara umum, (e) penutur menggunakan sindiran jika harus menyampaikan kritik kepada mitra tutur, (f) penutur mampu membedakan situasi  bercanda dengan  situasi  serius,  (g) penutur  bertutur  mengenai  topik  yang dimengerti oleh mitra tutur, (h) penutur mengemukakan sesuatu yang rumit dengan bentuk yang lebih sederhana, (i) penutur menggunakan bentuk konfirmatori berdasarkan pendapat orang lain yang terpercaya jika harus membantah pendapat mitra tutur, dan (j) penutur selalu mawas diri agar tahu secara pasti apakah yang dikatakan benar-benar seperti yang dikehendaki oleh mitra tutur. Prinsip kesantunan bentuk tuturan direktif yang diterapkan oleh Pejabat, pegawai di wilayah Pemerintah daerah Purworejo antara lain (a) maksim kearifan, (b) maksim kemurahan hati atau kedermawanan, (c) maksim pujian atau penghargaan, (d) maksim kerendahan hati atau  kesederhanaan,  (e)  maksim  kesepakatan  atau  persetujuan,  dan  (f)  maksim simpati. Selain   itu  juga   prinsip   penghindaran   pemakaian   kata   tabu   dengan penggunaan eufemisme dan penggunaan pilihan kata honorifik.

Kata kunci : bahasa ibu, kesantunan, imperative.


Full Text:

PDF

References


Brown, Douglas H. 2007. Principles of Language Teaching and Learning. Pearson Education Inc.

Borg, R.W. & Gall, M.D. 1983. Educational research.United States of America. Pearson Education.

Chaer, Abdul. 1995. Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka cipta. Chaer, A dan Agustine, L. 1995.Sosiolinguistik: Perkenalan awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Istamad, Said. 1998. Isifon Dialek Kebumen di Kecamatan Ambal. Fakultas Bahasa dan Seni: IKIP Yogyakarta.

Kartaraharja, soeseno. 1988. Bahasa Cenanda Kehidupan Masyarakat. Jakarta: Depdikbud.

Keraf, Goris. 1984. Linguistik Bandingan Historis. Jakarta: Gramedia. Kridalaksana, Harimurti. 1993. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.

Moleong, Lexy. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Budhi Mohanar Bahari Perkasa Rosdakarya.

Marsono. 1993. Fonetik. Yogyakarta: Gadjahmada Unifersiti Press.

Pateda, M. 1992. Sosiolinguistik. Bandung: Angkasa.

Poedjosoedarmo, Soepomo. 1979. Tingkat tutur Bahasa Jawa. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Depdikbud.

Poerwadarminta, W.J.S .1939. Baoesastra Djawa. Batavia: JIS. Woltres Uitgevers, Maatschappij, N.V.

Ramlan, R. 1987. Morfologi Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV. Karyono. Supardo, susilo. 1988. Bahasa Indonesia Dalam Konteks. Jakarta: Depdikbud. Soeparno. 1993. Dasar-dasar Linguistik. Yogyakarta. Mitra Gama Widya.

Samsuri. 1988. Morfologi dan Pembentukkan Kata. Jakarta: Departemen Pendidikkan dan Kebudayaan.

Surana. 2007. Fonetik Fonologi. Surabaya: Bintang Surabaya.

Zuhdi, Darmiyati. 1992. Penelitian Analisis Konten. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v8i2.7502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Budaya



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.