PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA BERBASIS KARAKTER SUB TEMA KEBERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bahan ajar berupa ensiklopedia berbasis karakter Sub Tema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku kelas IV SD, (2) kelayakan bahan ajar ensiklopedia berbasis karakter subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku untuk kelas IV SD. (1) Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE, yaitu dengan langkah analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. (2) Ensiklopedia berbasis karakter sudah memenuhi kriteria layak. Hal tersebut dibuktikan dari hasil rata-rata skor dari ahli materi dan ahli media yaitu 3,295 termasuk kategori sangat valid. Hasil rata-rata skor dari siswa yaitu mendapatkan skor 3,53 sehingga dapat dikategorikan sangat praktis. Dengan demikian eksiklopedia berbasis karakter ini dikatakan layak karena sudah memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis.
Kata Kunci: ensiklopedia, karakter, kelas iv.
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Herlinda Wakhidatul Oktaviana, 2020. Pengembangan Bahan Ajar Ensiklopedia Matematika Untuk Siswa Kelas IV SD. Universitas Muhammadiyah Malang. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ENSIKLOPEDIA MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS IV SD - UMM Institutional Repository diunduh 15 September 2021.
Kurniawan, A. 2018. “Perancangan Ensiklopedi Kustom Motor Di Klaten Dan Sekitarnya”. Jurnal UPT Perpustakaan Isi Yogyakarta.
Lickona, Thomas. 2013. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.
Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Diva Press. Yogyakarta. http://www.teknologipendidikan.net/2008/02/12/pengembangan-bahan-belajar-berbasisweb/
Prihartanta, W. (2015). Ensiklopedia Umum (Nasional). Adabiya, 5(85), 1–14.
Rachmadyanti, Putri. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.(JPSD). 3(2). Hal 201-214. PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI KEARIFAN LOKAL | Rachmadyanti | JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) (untirta.ac.id) Diunduh 15 September 2021.
Samani, muchlas & hariyanto. 2019. Pendidikan Karakter. Bandung: Rosda Sari, F.
F., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning Bermuatan Karakter terhadap Keterampilan Proses Ilmiah Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1) 1-7.
Sri Endarwati. 2018. Pengembangan Ensiklopedia Ipa Berbasis Integrasi Islam Sains Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas IV SD Negeri 003 Enok Kecamatan Enok. Jurnal Al Aulia.4(1). Hal 40-57 View of PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA IPA BERBASIS INTEGRASI ISLAM SAINS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA KELAS IV SD NEGERI 003 ENOK KECAMATAN ENOK (stai-tbh.ac.id) diunduh 15 September 2021.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v8i2.7500
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Budaya
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.