CHARACTER EDUCATION VALUE IN THE POETRY COLLECTION NEGERI DAGING BY A. MUSTOFA BISRI
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kumpulan puisi Negeri Daging karya A. Mustofa Bisri. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa satuan estetik berupa satuan gramatikal (kalimat) dalam kumpulan puisi Negeri Daging karya A. Mustofa Bisri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan catat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kualitatif deskriptif. Hasil penelitiannya, terdapat lima nilai pendidikan karakter dalam kumpulan puisi Negeri Daging karya A. Mustofa Bisri yaitu nilai toleransi, cinta tanah air, nilai penghargaan prestasi, nilai peduli sosial, dan nilai demokrasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kumpulan puisi Negeri Daging karya A. Mustafa Bisri memiliki banyak nilai pendidikan karakter yang dapat diambil dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar terbiasa dengan karakter yang baik.
Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Kumpulan Puisi Negeri Daging Karya A. Mustofa Bisri
ABSTRACT
This study aims at describing the character education values in the poetry collection Negeri Daging by A. Mustofa Bisri. This research is descriptive qualitative. The data of this research are in the form of aesthetic units in the form of grammatical units (sentences) in the poetry collection Negeri Daging by A. Mustofa Bisri. Data collection techniques used are observation and note-taking. The data analysis of this research used descriptive qualitative technique. The results of his research, there are five values of character education in the collection of poetry, Negeri Daging by A. Mustofa Bisri, namely the value of tolerance, the love homeland, the value of respect for achievement, the value of social care, and the value of democracy. The conclusion in this research is that the collection of poetry Negeri Daging by A. Mustafa Bisri has a lot of character education values which can be taken and applied to everyday life to get used to with good characters.
Keywords: character education values, the poetry collection Negeri Daging by A. Mustofa Bisri
Full Text:
PDFReferences
Adi, Ida Rochani. 2011.Fiksi Populer: Teori dan Metode Kajian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Aminuddin. 2016. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Buchori, Mochtar. 2007. Evaluasi Pendidikan di Indonesia: dari Kweekschool sampai ke IKIP, 1852-1998. Jakarta: Insist Press.
Berkowitz, M. W., & Bier, M. 2004. What works in character education: A research-driven guide for teachers. Washington, DC: Character Education Partnership.
. 2014. Research-based fundamentals of the effective promotion of character development in schools. In L. Nucci, D. Narvaez & T. Krettenauer (Eds), Handbook of moral and character education (pp. 248-260). New York: Routledge.
Berkowitz, M. W. & Hoppe, M. A. 2009. Character education and gifted children. High Ability Studies, 20 (2), 131-142.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Efendi, Anwar. 2012. “Realita Profetik dalam Novel Ketika Cinta Bertasbih Karya Habiburrahman El- Shiraz” dalam jurnal Litera, Vol. 11, No. 1, halaman 72- 82.
Endraswara, Suwardi, 2013. Pendekatan Pragmatika dalam Pengajaran Apresiasi Cerpen Jawa, diunduh pada 10 Februari 2018 dari http://journal uny.ac.id/index.php/cp/article/vieuw/9134.
Faruk. 2012 Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Firmansyah, Efi. 2012. ”Pemikiran Politik Islam Mustofa Bisri dalam Puisi: Perspektif Hermeneutik Kerohanian” dalam jurnal Literasi, Vol. 2, No. 2 Desember 2012.
Hoge, J. 2002. Character Education, Citizenship Education, and The Social Studies. Social Studies, 93(3), 103-108.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Guru Bahasa Indonesia Eksresi Diri dan Akademik. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud: Jakarta.
Kesuma, Dharma, dkk. 2012. Pendidikan Karakter. Remaja Rosda Karya: Bandung.
Kuntowijoyo. 2005. “Maklumat Sastra Profetik” dalam Horison Mei 2005. Jakarta: Yayasan Indonesia.
Kuntowijoyo. 2008.Maklumat Sastra Profetik.Yogyakarta: Grafindo Litera Media.
Kuntowijoyo .2013.Maklumat Sastra Profetik. Yogyakarta: Multi Presindo.
Kuntowijoyo, 2019. Maklumat Sastra Profetik. Yogyakarta: Diva Press.
Lickona, Thomas. 2004. Character Matters: How to Help Our Childer Develop Good Judgment, Intergrity, and Essential. New York: A Taochstone Book, Simon & Schuter.
Maitre, Miss Luce-Clude. 1985. Pengantar ke Pemikiran Iqbal (Terjemahan Djohan Effendi). Bandung: Mizan.
Mangunhardjana, A.M. 2016. Pendidikan Karakter. Grahatma Semesta: Yogyakarta.
Muttaqin, Husnul. 2015. “Menuju Sosiologi Profetik” dalam jurnal Sosiologi Reflektif, Vol. 1, halaman 219- 240.
Prestwich, D.L. 2004. Character education in America’s schools. School Community Journal, 14(1), 139- 150.
Pusat Kurikulum. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang, Kementrian Pendidikan Nasional.
Qodir, Zuly. 2015. “Kuntowijoyo dan Kebudayaan Profetik” dalam Jurnal Studi Islam , Vol. 16, No. 1, halaman 103- 113.
Rahman, Rio F. 2016. “Berkelana dalam Perenungan Gus Mus” dalam Unair News. Diunduh pada 6 Mei 2020 dari www.news.unair.ac.id
Sangidu. 2005. Penelitian Sastra : Pendekatan, Teori, Metode, Teknik, dan Kiat. Yogyakarta : Seksi Penerbitan Sastra Asia Barat, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
Sawitri, Ken. 2010. “Wajah Kita dalam Negeri Daging” dalam Sastra Indonesia.com. http://gusmus.net/ . Diunduh pada 2 April 2020, pukul 06.45.
Santosa, Wijaya Heru. 2019. Hegemoni Budaya Priyayi dan Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Indonesia. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.
Sayuti, Suminto A. 2005. “Selamat Jalan Kuntowijoyo” dalam Horison Mei 2005. Jakarta: Yayasan Indonesia.
Siswantoro. 2004. Metode Penelitian Sastra : Analisis Psikologis. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Siswantoro. 2010. Metode Peneitian Sastra Analisis Struktur Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tyra, C. 2012. Bringing books to life: Teaching character education through children’s literature. Rising Tide, 5, 1-10.
DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v8i1.7032
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Budaya
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.