Pemanfaatan Media Sosial YouTube Kids untuk Menumbuhkan Kepekaan Sosial (Social Sensitivity) dalam Pembelajaran Menyimak Cerita pada Siswa SD

Eko Muharudin, Sukirno Sukirno

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media sosial YouTube Kids dalam rangka menumbuhkan kepekaan sosial (social sensitivity) siswa SD pada pembelajaran menyimak cerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif mempunyai tujuan utama yaitu menggambarkan fakta secara sistematis. Penelitian ini menggunakan dua data yaitu data verbal dan juga data nonverbal. Data verbal pada penelitian ini yaitu hasil rekaman kegiatan penerapan pemanfaatan media YouTube Kids untuk menumbuhkan kepekaan sosial (social sensitivity) pada pembelajaran menyimak siswa SD. Data nonverbal pada penelitian ini yaitu hasil evaluasi keterampilan menyimak cerita siswa kelas 3 SD Laboratorium UMP, Kabupaten Banyumas dengan menggunakan media YouTube Kids. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (a) observasi, (b) wawancara, (c) tes, dan (4) dokumentasi. Dalam penelitian ini, teknik analisis data menggunakan analisis data interaktif yang terdiri atas tiga tahap, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil menyimak cerita siswa sudah cukup baik. Semua siswa kelas 3 SD Laboratorium UMP sudah mencapai KKM yang sudah ditetapkan yaitu 75. Nilai rata-rata kelas 3 SD Laboratorium UMP yaitu sebesar 93,3% dari total siswa 30. Seluruh siswa juga sudah mampu menjawab dan memahami pentingnya kepedulian (kepekaan sosial) terhadap sesama.

 

 

Kata kunci: YouTube Kids, kepekaan sosial (social sensitivity), pembelajaran menyimak


Full Text:

PDF

References


Cahyaningrom, E. A. (2015). Hubungan antara Intensitas Menonton Tayangan Reality Show

dengan Perilaku Prososial Remaja . Tesis Sarjana . Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dewi, Sinta Kurnia, Deliana, S & Haryadi. (2019). Impact of YouTube Kids Impressions on Early Childhood Prosocial Behavior. Journal of Primary Education, Vol. 3, 315-322.

Hurlock, E. B. (2005). Perkembangan Anak: Jilid 1 (Terjemahan: Meita Sari Tjandroso). New York: McGraw-Hill.

Iskandarwassid dan Sunendar, D. (2015). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Khairuni, N. (2016). Dampak Positif dan Negatif Sosial Media terhadap Pendidikan Akhlak Anak. Jurnal Edukasi (Media Kajian Bimbingan Konseling), 2(1), 91-107.

Lindsay, C. & Knight, P. (2006). Learning and Teaching English: A Cours for Teachers. New York: Oxford University Press.

Miles Matthew dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Mandey, D., Koagouw, F., & Senduk, J. (2015). Hubungan Tayangan Orang Pinggiran di Trans & 7 terhadap Sikap Prososial Remaja di Keluarga Malallayang Satu Kota Manado. Jurnal Acta Darma , 4 (4), 1-14.

Rusman, dkk. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sabillah, F. (2013). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Anak Melalui Media Animasi Audio Visual di Kelas V SD Negeri Cipete Selatan 04 Pagi Jakarta Selatan Tahun 2012/2013. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: FIP UNY.

Sapriya. (2011). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Tarigan, H.G. (1997). Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Vandergrift, L. & Goh, C. (2011). Teaching and Testing Listening Comprehension (disunting oleh Michael H. Long dan Catherine J. Doughty). United Kingdom: A John Wiley & Sons, Ltd, Publication.

Wiyono, Bambang Budi dan Burhanuddin. (2007). Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitif, Kualitatif, dan Action Research). Malang: FIP Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v8i1.6920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Budaya



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.