Analisis Kesalahan Berbahasa Soal Matematika SMA dalam Vidio Youtube Pembelajaran Ketika Pandemi Covid-19

Andriyana Andriyana, Kholilatuz Zuhria, Ode Evi Yulianti, Yus Mochamad Chlolily

Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang melihat kesalahan berbahasa dengan menggunakan teori wacana. Kesalahan yang diteliti adalah vidio youtube yang digunakan dalam pembelajaran ketika pandemi covid-19 di salasatu SMA di Kabupaten Blitar Jawa Timur. Hasil penelitian menemukan beberapa kesalahan mulai dari kesalahan fonologi, morfologi, sintaksis, dan wacana yang mempengaruhi pemaknaan dalam matematika. Hasil mengemukakan bahwa teks matematika masih ada yang belum kohesi dan koheren sehingga masih harus ada pelatihan terkait dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode desktiftif dan teori analisis wacana deskriptif. Langkah penelitian yang dilakukan adalah  (1) memilih dan menentukan jenis wacan. (2) menentukan unit analisis, (3) mendeskripsikan (menganalisis) satuan data. Sampel yang didapat berasal dari vidio youtube dalam akun salasatu guru.

Kata Kunci: Analisis wacana; Kesalahan Berbahasa; Soal Matematika

 

 

Abstract
This research is a case study research that looks at language errors using discourse theory. The error studied was the youtube video used in learning during the Covid-19 pandemic in one high school in Blitar, East Java. The results of the study found several errors ranging from phonological, morphological, syntactic, and discourse errors that affected meaning in mathematics. The results suggest that there are still mathematical texts that are not coherent and coherent so that there must still be training related to the proper and correct use of Indonesian. The approach used in this research is a qualitative approach with descriptive methods and descriptive discourse analysis theory. The research steps taken were (1) selecting and determining the type of discourse. (2) determine the unit of analysis, (3) describe (analyze) the data unit. The sample obtained came from the YouTube video in the sales one teacher's account.


Keyword: Discourse analysis; Language Error; Math Problems.


Full Text:

PDF

References


Fitriatien, Sri Rahmawati. 2019. “Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman.” JIPMat. doi: 10.26877/jipmat.v4i1.3550.

Magfirah, Magfirah, Erni Maidiyah, and Suryawati Suryawati. 2019. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman.” Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. doi: 10.36706/jls.v1i2.9707.

Matanggui, Junaiyah H., and E. Zaenal Arifin. 2015. Analisis Kesalahan Berbahasa Indoneisa. 2nd ed. Tanggerang: PT Pustaka Mandiri.

Mulyana. 2005. “Kajian Wacana: Teori Metode & Aplikasi Prinsip-Prinsip Analisis Wacana.” Yogyakarta: Tiara Wacana.

Rijono. 2020a. “Pendalaman Matematika Wajib SMA 1.” Youtbe.Com. Retrieved November 22, 2020 (https://www.youtube.com/watch?v=YoimhSB9KZo&feature=youtu.be).

Rijono. 2020b. “Pendalaman Matematika Wajib SMA 2.” Youtbe.Com. Retrieved November 22, 2020 (https://www.youtube.com/watch?v=i6Uw-kbulYc).

Rofi’ah, Nur, Hidayah Ansori, and Siti Mawaddah. 2019. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya.” EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 7(2):120. doi: 10.20527/edumat.v7i2.7379.

Rohman, Syaifur, Susanto, Hobri, Saiful, and Sahnawi. 2019. “An Analysis of Students’ Literacy Ability in Mathematics Teaching with Realistic Mathematics Education Based on Lesson Study for Learning Community.” Journal of Physics: Conference Series 1265(1). doi: 10.1088/1742-6596/1265/1/012004.

S. Suriasumantri, Jujun. 2017. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar harapan

Sarwoedi, Sarwoedi. 2019. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Kriteria Watson.” Jurnal Mathematic Paedagogic 4(1):12. doi: 10.36294/jmp.v4i1.691.

Shalem, Yael, Ingrid Sapire, and M. Alejandra Sorto. 2014. “Teachers’ Explanations of Learners’ Errors in Standardised Mathematics Assessments.” Pythagoras. doi: 10.4102/pythagoras.v35i1.254.

Siregar, Nur Fauziah. 2019. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika.” Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains. doi: 10.24952/logaritma.v7i01.1660.

Wahyuni, Ayu. 2020. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial.” Jurnal Pendidikan Matematika. doi: 10.36709/jpm.v11i1.10022.

Walkington, Candace, Virginia Clinton, and Anthony Sparks. 2019. The Effect of Language Modification of Mathematics Story Problems on Problem-Solving in Online Homework. Vol. 47. Springer Netherlands.




DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v8i1.6917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Budaya



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
 
barbartoto barbartoto situs toto scatter hitam slot gacor barbartoto slot demo barbartoto