PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS ANEKDOT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PBP) SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BAJENG GOWA

Nurhikmah Nurhikmah

Abstract


 

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menulis anekdot melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek  (PBP) siswa kelas X SMA Negeri 1 Bajeng Gowa.Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang memiliki kecenderungan menggunakan penelitian kualitatif.Tempat penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bajeng Gowa.  Subjek yang menerima tindakan adalah Siswa kelas X  yang berjumlah 36 siswa. Sekolah ini dipilih dengan beberapa pertimbangan, antara lain dalam keterampilan menulis siswanya masih tergolong rendah. Teknik analisis data yaitu menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif Hasil penelitian berdasarkan analisis data yang ditemukan Berdasarkan hasil observasi dan evaluasi yang telah dilaksanakan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam menulis karangan dengan menggunakan gambar seri dengan perolehan nilai ≥ 80 berjumlah 35 orang siswa atau 85,92% dan sedangkan pada siklus II hanya mencapai 80,48% dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang.

Kata Kunci :Keterampilan, Anekdot, Pembelajaran Berbasis Proyek

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti. dkk. 1995. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Alwasilah, A. Chaedar dan SennySuzannaAlwasilah. 2008.PokoknyaMenulis. Bandung:Kiblat

Arikunto, Suharsimi. 2009.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:PT Bumi Aksara.

Asan,AdanHaliloglu,Z.2005.ImplementingProjectBasedLearningIn ComputerClassroom.TheTurkishOnlineJournalofEducational Technology–TOJET,volume4Issue3.http://www.tojet.net/articles/4310.doc.Diakses3 Desember 2015

BuckInstitututeforEducation.1999.Project-BasedLearning.http://www.bgsu.edu/organizations/etl/proj.html.

Cord,2001.ContextualLearningResource.http://www.cord.org.Diakses3 Desember 2015

Enre, Fahruddin Ambo. 1994. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Ujungpandang: IKIP

Esche,S.K.2002.Project-BasedLearning(PBL)inaCourseonMechanisms andMachineDynamics.WorldTransactionsonEngineeringand TechnologyEducation.Volume I.No.2.201-204.http://www.eng.monash.edu.au.Diakses 3 Desember 2015

Gabriella, BodnardanJuditHazy.2000.ExperiencesofProject-BasedTeaching AppliedInTheFieldofPsychology.JournalSocialManagement Science.2000.VolumeVII. Page 173-190

Gaer,S.1998. WhatisProject-BasedLearning?.http://members.aol.com

Gunawan, Adi.W. 2013.Genius Learning Strategy. Jakarta:PT Gramedia.

Horn, Van. 1988. Tulis Apa yang Kamu Lihat (terjemahan). Jakarta: Rosdakarya.

Husniati 2013.Peningkatan Keterampilan Menulis Anekdot melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) siswa kelas X SMA Negeri 1 Singosari.Skripsi.Unstrat.

Kartono.2009.MenulisTanpaRasaTakut MembacaRealitasdenganKritis.Yogyakarta:Kanisius.

Kemendikbud.2013.BahasaIndonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta:KementerianPendidikan dan Kebudayaan .

Kepala Badan PSDMPK-PMP. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMA/MAdanSMK/MAKBahasaIndonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kerbudayaan RI.

Koch,Chlosta.S,&Klandt.H.2006.Project Seminar Business Plan Development-An Analysis OfIntegrative Project-Based Project- Based Entrepreneurship Education. Journal of Asia Entrepreneurship and Sustain ability.Volume II(2).May.Page 1-16.

Moleong,LexyJ. 2006.Metodologi Penelitian Kulitatif. Bandung: PT Remaj Rosdakarya

Mulyati. 2002. Keterampilan Menulis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munandar,Utami.1999.Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat .Jakarta:Gramedia Pustaka.

Munirah. 2015. Pengembangan Menulis Paragraf.Yogyakarta: deepublish.

Nuraini, Fatimah. 2013. Teks Anekdot sebagai Sarana Pengembangan Kompetensi Bahasa dan KarakterSiswa.PendidikanBahasa,Sastra Indonesia, dan DaerahFKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nurgiyantoro,Burhan. 2012.Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta:BPFE.

Nursito, 2000.Penuntun Mengarang. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Okudan.GulE.dan Sarah E.Rzasa.2004 .A Project-Based Approach to Entreprenurial Leadership Education. Journal Technovation.Desember.VolumeXX.Page1-16.

Rais2010.Pengembangan Model Project Based Learning: Suatu Upaya Meningkatkan Kecakapan Akademik Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin UNM. Laporan PenelitianTahunIIDP2MDIKTI-LEMLITUNM.

Rudi.2011. Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dalam Materi Statistika SMP.Makalah Diklat. Tidak Terbit .

Rosenfeld. 2001. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik (Edisi V). Jakarta : Bhineka Cipta.

Simkins . 2002. 1990. Teaching Balancing Proses and Product. New York: Maximillan Publishing Company.

Syafi’ie, Imam. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud

Sudjana, Nana. 2000.Cara BelajarSiswa Aktif dalamProsesBelajarMengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Stevens,D.Dannelle&Levi,J.Antonia.2005.IntroductiontoRubrics.Stylus Publishing.Sterling:Virginia.

Syamsyah. 2003. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Gema Media

Tabroni, Roni. 2007.Melejit Potensi Mengasah Kreativitas Menulis Artikel. Bandung: Nuansa

Tarigan, Djago dan Henry Guntur Tarigan. 1994. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Thomas, J.W., Margendoller, J.R., &Michaelson, A. 1999. Project- Based Learning: A. Handbook for Middle and High School Teachers. http://www.bgsu.edu/organizations/ctl/proj.html.

Wachidah, Siti. 2004.Pembelajaran Teks Anekdot. Jakarta: Departemen Penddidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat PendidikanLanjut Pertama.

Waras, Kamdi. 2007. Pembelajaran Berbasis Proyek: Model Potensial untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran.Error! Hyperlink reference not valid..Diakses 3 Desember 2015




DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v7i1.6354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id

 

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.