FUNGSI MEDIA INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA PRODI PGSD UWGM SAMARINDA
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana memfungsikan media internet bagi mahasiswa PGSD UWGM Samarinda;mengetahui cara memfungsikan media internet bagi mahasiswa PGSD UWGM Samarinda;mengetahui faktor pendukung dan penghambat mahasiswa PGSD UWGM Samarinda dalam memfungsikan media internet sebagai sumber belajar. Jenis penelitian adalah kualitatif. Lokasi penelitian di UWGM Samarinda. Subjek penelitian adalah mahasiswa prodi PGSD semester VE.Teknik pengumpulan data yaitu observasi,wawancara dan dokumentasi.Tahap menganalisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menyatakan fungsi media internet untuk sumber belajar.Fungsi media internet yaitu untuk memperoleh infomasi terbaru,menambah wawasan, mempermudah dalam mengerjakan tugas kuliah karena bertambahnya referensi. Fungsi media internet yang diperoleh mahasiswa/i dengan menggunakan media internet sebagai sumber belajar dan dapat mengurangi kejenuhan mahasiswa/i dalam belajar. Faktor pendukung mahasiswa dalam menggunakan akses internet di UWGM Samarinda yang dimaksud yaitu: Akses jaringan bagus dalam penggunaan akses internet di gedung A, B, C, di taman dan di perpustakaan UWGM Samarinda. Hambatan teknis yaitu mahasiswa/i belum mempunyai laptop dan handphone yang bisa akses internet, kadang jaringan lelet dalam membuka berita atau informasi dan dalam mendownload. Kemudian hambatan non teknis yaitu mahasiswa/i itu sendiri dalam menggunakan media internet.
Kata Kunci : Fungsi, Media, Internet, Sumber Belajar, Mahasiswa
Full Text:
PDFReferences
Aminy, M.Z. (2015). Jurnal KIP.Pemanfaatan Media Internet sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika di STKIP BIMA. Vol. IV. No. 2, Juli 2015 – Oktober 2015
Anisah, A. (2016). Jurnal Logika. Pengaruh Penggunaan Buku Teks Pelajaran dan Internet sebagai Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS. Vol XVIII, No 3. Kabupaten Cirebon
Djamarah, S.B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Idris, Fazilah. Mac. (2010). Jurnal Bahasa (Pembelajaran Bahasa). Termuat dalam Makalah Internet dan Belajar Berkumpulan
Mahnun, N. (2012). Jurnal Pemikiran Islam. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Vol. 37, No. 1 Januari-Juni. Riau
Nur, F.M. (2012). Jurnal Penelitian Pendidikan Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Pembelajaran Sains Kelas V SD pada Pokok Bahasan Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan. Vol. 13 No. 1. Kabupaten Bireuen
Parji. (2011). Strategi Pembelajaran Pendidikan Moral pada Era Teknologi Informasi. Madiun.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Bandung: Alfabeta
Sujoko. (2013). Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri 1 Geger Madiun. Madiun
Usman, Husaini. (2017). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta : Bumi Aksara
Wati,E.R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena
Zabedah, S. et al., (2012). Regulating Content in Broadcasting , Media and the Internet : A Case Study on Public Understanding of their Role on SelfRegulation Faculty of Communication and Media Studies, 2(23), pp.140–150.
DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v7i1.6353
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Budaya
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.