FUNGSI MEDIA INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA PRODI PGSD UWGM SAMARINDA

Nurul Hikmah

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana memfungsikan media internet bagi mahasiswa PGSD UWGM Samarinda;mengetahui cara memfungsikan media internet bagi mahasiswa PGSD UWGM Samarinda;mengetahui faktor pendukung dan penghambat mahasiswa PGSD UWGM Samarinda dalam memfungsikan media internet sebagai sumber belajar. Jenis penelitian adalah kualitatif. Lokasi penelitian di UWGM Samarinda. Subjek penelitian adalah mahasiswa prodi PGSD semester VE.Teknik pengumpulan data yaitu observasi,wawancara dan dokumentasi.Tahap menganalisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menyatakan fungsi media internet untuk sumber belajar.Fungsi  media internet yaitu untuk memperoleh infomasi terbaru,menambah wawasan, mempermudah dalam mengerjakan tugas kuliah karena bertambahnya referensi. Fungsi media internet yang diperoleh mahasiswa/i dengan menggunakan media internet sebagai sumber belajar dan dapat mengurangi kejenuhan mahasiswa/i dalam belajar. Faktor pendukung mahasiswa dalam menggunakan akses internet di UWGM Samarinda yang dimaksud yaitu: Akses jaringan bagus dalam penggunaan akses internet di gedung A, B, C, di taman dan di perpustakaan UWGM Samarinda. Hambatan  teknis yaitu mahasiswa/i belum mempunyai laptop dan handphone yang bisa akses internet, kadang jaringan lelet dalam membuka berita atau informasi dan dalam mendownload. Kemudian hambatan non teknis yaitu mahasiswa/i itu sendiri dalam menggunakan media internet.

Kata Kunci : Fungsi, Media, Internet, Sumber Belajar, Mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Aminy, M.Z. (2015). Jurnal KIP.Pemanfaatan Media Internet sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika di STKIP BIMA. Vol. IV. No. 2, Juli 2015 – Oktober 2015

Anisah, A. (2016). Jurnal Logika. Pengaruh Penggunaan Buku Teks Pelajaran dan Internet sebagai Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS. Vol XVIII, No 3. Kabupaten Cirebon

Djamarah, S.B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Idris, Fazilah. Mac. (2010). Jurnal Bahasa (Pembelajaran Bahasa). Termuat dalam Makalah Internet dan Belajar Berkumpulan

Mahnun, N. (2012). Jurnal Pemikiran Islam. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Vol. 37, No. 1 Januari-Juni. Riau

Nur, F.M. (2012). Jurnal Penelitian Pendidikan Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Pembelajaran Sains Kelas V SD pada Pokok Bahasan Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan. Vol. 13 No. 1. Kabupaten Bireuen

Parji. (2011). Strategi Pembelajaran Pendidikan Moral pada Era Teknologi Informasi. Madiun.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Bandung: Alfabeta

Sujoko. (2013). Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri 1 Geger Madiun. Madiun

Usman, Husaini. (2017). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta : Bumi Aksara

Wati,E.R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena

Zabedah, S. et al., (2012). Regulating Content in Broadcasting , Media and the Internet : A Case Study on Public Understanding of their Role on SelfRegulation Faculty of Communication and Media Studies, 2(23), pp.140–150.




DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v7i1.6353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id

 

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.