PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAKU DI PERGURUAN TINGGI DENGAN BASIS ERROR ANALYSIS

Mohammad Fakhrudin

Abstract


Abstrak: Dalam artikel ini dideskripsikan pembelajaran bahasa Indonesia baku di perguruan tinggi dengan basis error analysis (EA). Pembahasan tentang masalah tersebut dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa kemampuan mahasiswa dalam penggunaan bahasa Indonesia baku dikategorikan rendah. Dengan EA diharapkan kemampuan mereka dapat ditingkatkan karena melalui EA, mahasiswa dihadapkan secara langsung pada masalah penggunaan bahasa Indonesia baku dimulai dari kegiatan mengumpulkan data kesalahan, mengidentifikasi dan mengklasifikasi kesalahan, memeringkat kesalahan, menjelaskan kesalahan, memrakirakan daerah kesukaran/kesa­lah­an, dan membetulkan kesalahan. Metode pembelajaran terpilih yang digunakan adalah  Problem Based Learning, Small Group Discussion, dan Contextual Learning.

 

Kata kunci: pembelajaran, bahasa Indonesai baku, perguruan tinggi, error

Full Text:

PDF

References


Al-Khresheh, Muhammad Hamad. 2016. “A Review Study of Error Analysis Theory” International Journal of Humaniora and Social Science Research. X, 40-49. (diunduh Maret 2020).www.lifescienceglobal.com

Alwi, Hasan, Soenjono Dardjowidjojo, Hans Lapoliwa, dan Anton M. Moeliono (ed.). 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Arifin, E. Zaenal dan Farid Hadi. 1991. 1001 Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Akademika Pressindo.

Badudu, J.S. 1976. Pelik-Pelik Bahasa Indonesia. Bandung Pustaka Prima.

Berita Media, April 12, 2018“Salip Singapura, Publikasi Ilmiah Indonesia Peringkat 2 Asean”

BP-7 Pusat. 1993. Bahan Penataran Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Garis-Garis Besar Haluan Negara. Jakarta: BP-7 Pusat.

Crystal, David. 1985. A Dictionary of Linguistics and Phonetics. New York: Basil Blackwell Inc.

Dendy, Sugono (ed.). 2003. Buku Praktis Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Pusat Bahasa Deperteman Pendidikan Nasional.

Dendy, Sugono (ed.). 2011. Buku Praktis Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Pusat Bahasa Deperteman Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Keempat Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Djajasudarma, Fatimah. 1994. Karya: Pemahaman dan Hubungan antarunsur. Bandung: Eresco.

Fakhrudin, Mohammad. 2017. “Penerapan Kaidah Berbahasa dalam Percakapan Berbahasa Indonesia.” dalam Journal of Language Learning and Research (JOLLAR). Vol. I (1): 41-57.Journal.uhamka.ac.id

Guntur, Muhammad (ed.). 2016. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Makassar: Aksara Timur.www.acedemia.edu

Kemenristek Dikti. 2017. Panduan Bimbingan Teknis Dosen Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia.sumberdaya.ristekdikti.go.id (diunduh 24 September 2019)

Kridalaksana, Harimurti. 1978. “Keutuhan Karya” Kertas Kerja Konferensi Bahasa Indonesia. Jakarta: Fakultas Sastra Universitas Indonesia: 13-19.

Moeliono, Anton M. 1985. Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Jakarta: Djambatan.

Murtiningsih.2013. “Kesalahan Berbahasa Indonesia Mahasiswa S-1 PGSD STIKIP Nuuwar Fak-fak.”dalam Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Volume 6, Nomor 1, Maret 2013Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.Jurnal.uny.ac.id (diunduh 24 September 2019)

Pateda, Mansoer. 1989. Analisis Kesalahan. Flores: Nusa Indah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 50 Tahun 2016 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.

Poerwadarminta, W.J.S. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ramelan, M. 1993. Paragraf, Alur Pikiran dan Kepaduannya dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset.

Richards, Jack C. (ed.). 1974. Error Analysis. London: Longman.

Sridhar. 1975.“Contrastive Analysis, Error Analysis and Interlanguage: Three Phases of One Goal?” Studies in Language Learning, Vol. 1, Fall 1975.www.acedemia.edu(diunduh 6 Maret 2020)

Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. 1988. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yastini, Yulianti Nur, Ajeng Rita Nurdian, dan Wikanengsih. “Kemampuan Penggunaan Bahasa Baku Mahasiswa Program Studi Bahasa Indonesia IKIP Siliwangi di Media Sosial Instagram.” dalam Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 1 Nomor 5, September 2018.journal.ikipsiliwangi.ac.id (diunduh 3 Maret 2020)




DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v7i1.6352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id

 

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.