Semiotik Flora Tradisi Kapanca Suku Mbojo; Sebuah Kajian Ekolinguistik

Sukarismanti Sukarismanti, Samsudin Samsudin

Abstract


 

Abstrak: Ekolinguistik merupakan ilmu yang mengkaji hubungan antara bahasa dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji makna simbolik yang terdapat pada tradisi Kapanca yang biasa dilakukan oleh masyarakat suku Mbojo dengan menggunakan pendekatan ekolinguistik. Tradisi Kapanca (Inai) merupakan suatu upacara yang dilakukan oleh masyarakat suku Mbojo pada malam pernikahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskrtiptif kualitatif sebagai metode untuk menganilisis hasil dari penelitian. Kemudian instumen yang digunakan adalah melalui dokumentasi seperti arsip-arsip dan dokumen-dokumen lainya dan wawancara tak terstuktur. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat semiotika flora dalam tradisi Kapanca, menjadi tanda budaya bagi masyarakat suku Mbojo. Namun seiring perkembangan zaman tradisi Kapanca mulai ditinggalkan. Sebagian masyaraakat beranggapan bahwa upacara ini hanya pelengkap prosesi pernikahan semata. Oleh karena itu tradisi Kapanca yang menjadi ciri khas masyarakat Mbojo perlu diwariskan dari generasi ke generasi dengan tetap melaksanakan.

Kata Kunci: Semiotik Flora, Tradi Kapanca,  Suku Mbojo, Ekolinguistik

 


Full Text:

PDF

References


Bawa, I Wayan. 2004. Bahasa dalam Pers[ektif Kebudayaan. Bali.

De de Saussure, F. 1988. Course in General Linguistics. Yogyakarta: Gajah Mada

University Press

Fill, Alwin and Peter Muhlhausler (Eds.) 2001. The Ecolinguistics Reader. Language, Ecology, and Enviroment. London and New York: Continuum.

Hoed, Benny H. 2011. Semiotik & Dinamika Sosial Budaya, Cetakan Pertama, Depok: Beji Timur

Muhlhausler, Peter and Alwin Fill (Eds.) 2003. The Ecolinguistics Reader. Language, Ecology and Environment. London and New York: Continuum.

Rusmana, Dadan. 2014. Filsafat Semiotika; paradigma, teori, dan metode interpretasi tanda dari semiotika struktural hingga dekonstruksi praktis. Bandung: Pustaka Setia.

Sobur, Alex. 2012. Analisis Teks Media; Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analsis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zoest, van Aart. 1993. Semiotika: Tentang Tanda, Cara Kerjanya dan Apa yang Kita Lakukan dengannya. Jakarta: Yayasan Sumber Agung.




DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v7i1.6350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id

 

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.