UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PRESENTASI MAKALAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Cahyo Apri Setiaji

Abstract


Abstrak: Makalah merupakan salah satu karya tulis ilmiah yang berisi pemikiran tentang suatu topik permasalahan atau materi tertentu yang ditulis secara sistematis disertai analisis yang logis dan objektif. Makalah adalah tugas rutin mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan. Setelah menyusun makalah mahasiswa diwajibkan untuk menyajikannya di depan kelas. Observasi awal diperoleh temuan permasalahan yang sering dialami mahasiswa dalam mempresentasikan makalah terdapatpada sesi presentasi, sesi tanya jawab, dan presentasi keseluruhan makalah yang ditulisnya. Temuan tersebut dibuktikan dengan rata-rata nilai angka 61,11 atau dalam grade C. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan presentasi makalah menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akademik 2018/2019 pada mata kuliah Pengembangan Strategi Pembelajaran. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dengan cara mengamati perkembangan keterampilan presentasi mahasiswa setelah mendapat perlakukan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) kemudian melakukan penilaian menggunakan lembar penilaian yang telah disiapkanSampel penelitian adalah mahasiswa angkatan 2016 yang berjumlah 48 orang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terbukti mampu meningkatkan keterampilan presentasi mahasiswa. Peningkatan tersebut terlihat dari nilai yang semakin baik dimulai dari nilai prasiklus 61,11 meningkat di siklus 1 menjadi 78,58, dan kembali meningkat di siklus 2 menjadi 79,73.

 

Kata kunci : keterampilan presentasi, pengembangan strategi pembelajaran, contextual teaching and learning (CTL).

 


Full Text:

PDF

References


Setiaji, Cahyo Apri. 2020. Strategi Pembelajaran Inovatif: Kiat Menjadi Pendidik yang Inspiratif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Djamarah, Syaiful Bahri & Azwan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta.

Erwin Sutomo. 2007. 9 Presentasi Kreatif dengan Power Point 2007. Yogyakarta:Andi Offset.

Laksono, Agus Budi. 2010. Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X pada Pokok Bahasan Nilai dan Norma Sosial di SMA Negeri 1 Tanjung Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2010/2011. Semarang: UNNES diakses dari; https://lib.unnes.ac.id/246/2/7043.pdf

Mukrima, Shifa S. 2014. 53 Metode Belajar dan Pembelajaran Plus Aplikasinya. Bandung: Bussines Management of Education, Indonesian University of Education, Bumi Siliwangi.

Muhammad Affandi, dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Unnisula Press.

Sumantri, Mulyani dan Johar Permana 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: C.V Maulana.

Suwarno, Sri. 2013. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyajikan Laporan Harga Pokok Produk Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 2 Semarang Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Edukasia.

Titik Triwidodo dan Djoko Kristanto. 2004. Pengembangan Kepribadian Sekretaris. Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v7i1.6349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id

 

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.