ANALISIS TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM NOVEL ORANG-ORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA

Firda Umamy, Cintya Nurika Irma

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif (1) memesan, (2) memerintah, (3) memohon, (4) menuntut, (5) memberi nasihat yang terdapat dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata. Jenis penelitian yang digunakan yaitu menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, karena mendeskripsikan tindak tutur direktif yang terdapat dalam novel. Subjek dalam penelitian ini berupa dialog maupun deskripsi yang terdapat dalam novel. Objek dalam penelitian ini berupa novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata terbit pada tahun 2019, tebal 262 halaman. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode simak dan teknik catat. Analisis data menggunakan analisis pragmatik dengan teknik padan pragmatis. Hasil penelitian ini ditemukan empat bentuk tindak tutur direktif, yaitu tindak tutur direktif memerintah, tindak tutur direktif memohon, tindak tutur direktif menuntut dan tindak tutur memberi nasihat, sedangkan tindak tutur memesan tidak ditemukan dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata.

Kata kunci: Tindak Tutur Direktif, Pragmatik, Novel Orang-Orang Biasa.


Full Text:

PDF

References


Bakti, H. (2017). Jenis Dan Fungsi Pragmatis Tindak Tutur Masyarakat Melayu Dialek Sambas di Kota Singkawang Abstrak, 6(1), 59–67.

Chaer, A., & Agustina, L. (2014). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Dibia, I. ketut. (2018). Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Depok: Raja Grafindo Persada.

Dwi, L., & Zulaeha, I. (2017). Tindak Tutur Ekspresif Humanis dalam Interaksi Pembelajaran di SMA Negeri 1 Batang: Analisis Wacana Kelas. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 111–122.

Irma, C. N. (2017). Tindak Tutur dan Fungsi Tuturan Ekspresif dalam Acara Rumah Perubahan Rhenald Kasali. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 238–248. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1181

Leech, G. (2011). Prinsip-Prinsip Pragmatik. Terjemahan Dr. M.D.D. Oka, M.A. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Wijana, I. D., & Rohmadi, M. (2009). Analisis Wacana Pragmatik: Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.

Yuliarti, R. A. N. (2015). Tindak Tutur Direktif Dalam Wacana Novel Trilogi Karya Agustinus Wibowo. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Seloka TINDAK, 4(2), 78–85.




DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v7i1.6343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Budaya



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.