MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN KOLABORASI STRATEGI PQ4R DAN MEDIA KOMIK

Luh Putu Yuliasih

Abstract


Abtrak: Teks eksplanasi dapat dimaknai sebagai teks yang menjelaskan sebuah proses terjadinya kejadian alam, sosial, dan budaya secara alamiah dengan disertai fakta-fakta ilmiah tentang mengapa dan bagaimana sebuah fenomena itu terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa yang diajar dengan pembelajaran kolaborasi strategi PQ4R dengan media komik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester ganjil di tahun pelajaran 2019/2020 pada kelas XI MIPA 4, SMAN 1 Negara, Kabupaten Jembrana, Bali. Instrumen penelitian berupa soal tes, pedoman wawancara, dan pedoman observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, dan observasi. Data divalidasi dengan triangulasi data dan teori. Teknik analisis data menggunakan metode content analysis. Data direduksi sesuai rubrik penilaian menulis teks ekspalansi, kemudian disajikan dengan pemberikan skor dan menghitung ketuntasan siswa. Terakhir data ditampilkan sesuai dengan presentase ketuntasan dalam menulis teks eksplanasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan pembelajaran kolaborasi strategi PQ4R dengan media komik selalu mengalami peningkatan mulai dari pratindakan hingga siklus 2. Pada kegiatan pratindakan presentasi ketuntasan siswa sebesar 22,8%. Pada kegiatan siklus 1 presentasi ketuntasan siswa sebesar 57,4%. Pada kegiatan siklus 2 presentasi ketuntasan siswa sebesar 88,57%. Pada siklus 2 ini masih terdapat 4 siswa yang belum mencapai ketuntasan, namun berdasarkan observasi pada setiap siklus, nilai keempat siswa tersebut selalu mengalami peningkatan.

Kata Kunci: strategi PQ4R, media komik, tesk eksplanasi


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Astuti, M. T. (2019). Yuk, Ungkap Idemu Melalui Teks Persuasi Hingga Teks Tanggapan. Jakarta: Penerbit Duta.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Hamalik, O. (1989). Teknik pengukur dan evaluasi pendidikan. Bandung: Mandar Maju.

Hamida, K., Zulaekah, S., & Mutalazimah. (2012). Penyuluhan Gizi Dengan Media Komik Untuk Meningkatkan Pengetahuan Tentang Keamanan Makanan Jajanan. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1), 67–73. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kemas/article/view/2261/2698

Hartanto, A. (2017). Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Genre Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Surakarta Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan EMPIRISME, 23(6), 7–18.

Hasanudin, C. (2016). Pembelajaran Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Aplikasi Bamboomedia Bmgames Apps Pintar Membaca Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa SD Menghadapi MEA. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 5(1), 1–12. https://doi.org/http://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.84

Hasanudin, C. (2017). Media Pembelajaran: Kajian Teoritis dan Kemanfaatan. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., & Saddhono, K. (2019a). How is The Student’s Negotiation Text in Collaborative Learning of Flipped Classroom and A Cyberlink Power Director Media Apps. Ingénierie Des Systèmes d’Information, 24(6), 559–567. https://doi.org/https://doi.org/10.18280/isi.240601

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., & Saddhono, K. (2019b). The Use of Wondershare Filmora Version 7.8.9 Media Apps in Flipped Classroom Teaching. Review of Computer Engineering Studies, 6(3), 51–55. https://doi.org/Https://doi.org/10.18280/rces.060301.

Hasanudin, C., & Hidayati, N. A. (2016). Eksperimentasi Strategi Belajar PQ4R Dengan Media Komik Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Cerita Anak Pada Siswa Kelas VII SMP. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 136–142. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara/article/view/3998

Hasanudin, C., & Puspita, E. L. (2017). Peningkatan Motivasi Dan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Melalui Media Aplikasi Bamboomedia Bmgames Apps. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1–3. Retrieved from http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/618.

Knapp, P., & Watkints, M. (2005). Genre, Text, Grammar: Technologies for Teaching and Assessing Writing. Australia: University of New South Wales Press.

Krisdiyanto, A., & Sulistyowati, T. (2014). Bahasa Indonesia Kebanggaan Bangsaku untuk Kelas XI SMA dan MA Kelompok Mata Pelajaran Wajib. Surakarta: Platinum.

Linayaningsih, F. (2011). Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Majalah Ilmiah INFORMATIKA, 2(2), 75–86. Retrieved from http://www.unaki.ac.id/ejournal/index.php/majalah-ilmiah-informatika/article/view/41/73

Menteri Pendidikan Nasional. Permendiknas : Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. , Pub. L. No. nomor 22 tahun 2016 (2016).

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2017). Analisis data kualitatif: Buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Munawaroh, Badriyatul, S. S., & Hamidi, N. (2014). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Melalui Media Komik dalam Strategi Pembelajaran Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) Siswa Kelas XI IPS 5 SMA XYZ. JUPE UNS, 2(4), 61–72.

Nuramalia, P., Sunismi, & Faradiba, S. S. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Melalui Model BBL dengan Strategi PQ4R Materi Bilangan Bulat dan Pecahan Siswa kelas VII. JP3, 15(19), 92–108. Retrieved from http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/6129

Nurgiyantoro, B. (2005). Sastra Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pardiyono. (2007). Teaching Genre-Based Writing. Yogyakarta: Andi Offset.

Priyatni, E. T., Thamrin, M., & Wardoyo, H. (2014). Bahasa dan sastra Indonesia SMA/MA. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Purwanto, N. (2006). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahayu, H., & Hartati, S. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Strategi Belajar PQ4R Berbantuan Media Powerpoint. PHENOMENON: Jurnal Pendidikan MIPA, 6(1), 35–44. Retrieved from http://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/943/807.

Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia: Sistem Pendidikan Nasional. , Pub. L. No. nomor 20 tahun 2003 (2003).

Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia: Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. , Pub. L. No. nomor 24 tahun 2009 (2009).

Rimayanti, A. I., & Jaja. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksplanasi Berdasarkan Berita Media Massa Cetak. Jurnal Tuturan, 7(2), 857–862.

Sanjaya, W. H. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media.

Suherli, Suryaman, M., Septiaji, A., & Istiqomah. (2017). Bahasa Indonesia Buku Guru. Jakarta: Kementerian dan Pendidikan dan Kebudayaan.

Suprianto, E. (2019). Implementasi Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 22–32.

Syafarudiin, Supiono, & Burhanuddin. (2019). Guru, Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Deepublish.

Tarigan, J. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Bantuan Media Video untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi. Journal of Education Action Research, 2(2), 123–133. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/12302/8838.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesit: Konsep Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Surabaya: Kencana Prenada Media Grup.

Wahyuningsih, E. N. (2012). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf Untuk Pembelajaran Yang Menggunakan Strategi PQ4R. Journal of Innovative Science Education, 1(1), 19–27. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/40/29

Windhiarty, W., Haruna, J., & Sulistyowati, E. D. (2017). Efektivitas Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Dengan Media Berbasis Adobe Flash Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Ilmu Budaya, 1(4), 367–375. Retrieved from http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB/article/view/768/723.

Yuliana, I., & Fajriah, N. (2013). Penerapan Metode PQ4R dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 27–33. Retrieved from https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/550/465




DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v7i1.6342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id

 

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.