KESANTUNAN BERBAHASA PADA PELAYANAN PUBLIK DI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN DALAM MENCIPTAKAN SUASANA KAMPUS YANG KONDUSIF

Iis Suwartini

Abstract


Abstrak: Kesantunan berbahasa perlu diterapkan dalam setiap aspek kehidupan tak terkecuali pada pelayanan publik di Universitas Ahmad Dahlan. Sudah selayaknya pelayanan publik perlu menerapkan kesantunan berbahasa untuk menciptakan suasana kampus yang kondusif. Untuk mengetahui penggunaan kesantunan berbahasa maka perlu melakukan analisis kesantunan berbahasa pada pelayanan publik di Universitas Ahmad Dahlan hal tersebut bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan kesantunan berbahasa dan adakah pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peneliti akan mendeskripsikan kesantunan bahasa pada pelayanan publik di Universitas Ahmad Dahlan. Sumber data Karyawan TU di Universitas Ahmad Dahlan. Teknik pengumpulan data observasi, kajian dokumen, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi data. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Analisis kesantunan berbahasa pada pelayanan publik di Universitas Ahmad Berfungsi untuk meningkatkan etos kerja karyawan dalam memberikan pelayanan terhadap dosen dan mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian 90%  karyawan tata usaha telah menerapkan kesantunan berbahasa.

Kata Kunci: Kesantunan berbahasa, Pelayanan publik, Universitas Ahmad Dahlan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v6i12.6037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.