ANALISIS WACANA KOHESI DAN KOHERENSI PADA WACANA IKLAN POLITIK PEMILIHAN GUBERNUR SUMATERA UTARA ( PILGUBSU 2018 )

Hilman Haidir

Abstract


Abstrak: penelitian ini adalah penelitian analisis wacana yang mempergunakan metode kualitatif-deskriptif. Objek penelitian ini adalah iklan politik Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018 dari Pasangan Calon (Paslon) Edy Rahmayadi – Musa Rajeksyah ( Edy-Ijeck) dan Paslon Djarot- Sihar ( Djoss). Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penanda kohesi dan koherensi yang terdapat pada iklan politik tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa penanda kohesi yang ditemukan dalam wacana iklan politik Pilgubsu Paslon Eramas dan Paslon Djoss lebih didominasi repetisi. Sementara itu, penanda koherensi yang ditemukan dalam iklan Politik Pilgubsu itu adalah hubungan pararelisme, hubungan penekanan, dan amplikatif. Temuan-temuan tersebut menunjukkan bahwa  wacana iklan politik Pilgubsu tahun 2018 terserbut  merupakan wacana yang kohesif dan koherens ( Wacana yang baik ).

Kata Kunci: Kohesi, Koherensi, Iklan politik Pilgubsu, Analisis Wacana


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v6i12.6028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.