PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS ANIMASI UNTUK PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS XI MA

Hani Maulida

Abstract


Abstrak : penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media berbasis animasi, validasi, dan keefektifan pengembangan media untuk pembelajaran teks negosiasi. Metode yang digunakan adalah metode pengembanganResearch and Development. Hasil yang diperoleh: Pertama, pengembangan media berbasis animasi dalam pembelajaran teks negosiasi sangat dibutuhkan dan sesuai dengan kebutuhan guru maupun siswa dalam proses pembelajaran. Kedua, hasil validasi yang dilakukan oleh pakar/ahli terhadap media berbasis animasi dalam pembelajaran teks negosiasibernilai sangat baik dan dapat memenuhi syarat serta layak digunakan sebagai media ajar dalam proses pembelajaranberdasarkan penilaian pakar/ahli dengan persentase rata-rata sebesar 90% dan berada pada kategori “sangat baik”, hasil uji coba perorangan yang dilakukan oleh tiga orang siswa diperoleh nilai rata-rata 89%, hasil uji coba kelompok kecil yang dilakukan oleh sepuluh orang siswa diperoleh nilai rata-rata 90%, dan hasil uji coba lapangan terbatas yang dilakukan oleh tiga puluh diperoleh nilai rata-rata 92%. Ketiga, pengembangan media berbasis animasi dalam pembelajaran teks negosiasi dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam menulis teks negosiasi. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest sebesar 63, sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 83 dengan tingkat efektifitas 83% berada pada kategori “baik”.

Kata-kata kunci: Pengembangan, Media, Animasi, Teks, Negosiasi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v6i12.6026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.