NILAI PENDIDIKAN AKHLAK NOVEL REEM KARYA SINTA YUDISIA

Sukirno Sukirno, Erna Solihatun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik novel Reem karya Sinta Yudisia; (2) nilai pendidikan akhlak novel Reem karya Sinta Yudisia; (3) rencana pelaksanaan pembelajarannya dengan metode Think Pair-Share (TPS)  novel Reem karya Sinta Yudisia di kelas XII SMK. Objek penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan akhlak.Penelitian ini difokuskan pada unsur intrinsik, nilai pendidikan akhlak, dan rencana pelaksanaan pembelajarannya dengan metode think-pair share.Teknik pengumpulan data ini adalah metode observasi.Peneliti sebagai unsur utama dibantu kartu pencatat data.Analisis data teknik analisis isi, teknik penyajian hasil analisis digunakan teknik informal. Hasil penelitian disimpulkan: (1) unsur intrinsik pada novel tersebut meliputi: (a) tema mayor ketabahan seorang perempuan. Tema minor: masalah perang yang mengakibatkan Ummi meninggal, masalah Reem dan Kasim yang tidak direstui, masalah penyakit yang diderita Reem, masalah perjodohan Kasim dan Alya, masalah persahabatan yang rusak, masalah rasa takut Reem tidak bisa melengkapi Kasim, masalah kematian Kasim, (b) tokoh utama Reem, dan tokoh tambahan Kasim, Profesor Ahmed, bibi Aisyah, dr. Maher, Alya, Ilham, Fateh, Hosen, Mumtaz, Fetina, Haji Abdullah, Siti Samsiah, Salman Aziz, (c) alur berdasarkan jenisnya maju (d) latar waktu: siang hari, malam hari dan pagi hari, latar tempat: Maroko, kota biru, gedung parlemen, apartemen, pasar oudaya, taman kanak-kanak, rumah Reem, rumah sakit eshifa, latar suasana: menegangkan, panik, menyedihkan (e) sudut pandang orang ketiga serba tahu, (f) amanat bersabar dan bersyukurlah apapun yang terjadi pada dirimu karena hidup dan mati hanya milik Allah Swt. (2) nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam novel tersebut meliputi: a) nilai akhlak terhadap Allah Swt. b) nilai akhlak terhadap Rasulullah saw. (c)nilai akhlak terhadap pribadi (d) nilai akhlak terhadap keluarga (e) nilai akhlak terhadap masyarakat (3) rencana pelaksanaan pembelajarannya dengan metode think-pair share yaitu pendahuluan, kegiatan inti yang meliputi berpikir, berpasangan, berbagi, dan penutup.

Kata kunci: nilai akhlak, unsur intrinsik, novel Reem, metode think-pair share




DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v5i10.5433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.