IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN YOUTUBE RETORIKA DAKWAH PENDIDIKAN BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

umi faizah, Mohammad Fakhrudin, Bagiya Bagiya

Abstract


ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan  penerapan media pembelajaran YouTube berbasis pendekatan ilmiah pada Pembelajaran Retorika Dakwah Pendidikan di Universitas Muhammadiyah Purworejo dan 2) mendeskripsikan respon mahasiswa pada penerapan media pembelajaran YouTube  berbasis pendekatan ilmiah pada Pembelajaran Retorika Dakwah Pendidikan di Universitas Muhammadiyah Purworejo. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang dilengkapi dengan langkah-langkah pembelajaran ilmiah. Penerapan media ini dilakukan pada mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akademik 2016/2017.  Hasil dari penelitian ini adalah 1) penerapan media pembelajaran YouTube retorika dakwah mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akademik 2016/2017dengan pendekatan ilmiah yang meliputi mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengomunikasikan terbukti efektif; 2)  mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akademik 2016/2017 memberikan respon positif terhadap penggunaan media pembelajaran YouTube berbasis pendekatan ilmiah.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Pendekatan Ilmiah, Retorika Dakwah Pendidikan



Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v5i10.5303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.