PENGIDENTIFIKASIAN DAN PENGKREASIAN APOSISI PADA KOMENTAR HATERS DI MEDIA SOSIAL SEBAGAI INOVASI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VII

Laila Qudhori, Agus Budi Wahyudi

Abstract


ABSTRAK: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan kajian sintaksis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode agih dengan teknik lanjutan teknik sisip dan teknik ganti. Hasil penelitian ini adalah (1) komentar haters dimedia sosial media sosial terdapat keterangan aposisi, keterangan aposisi ditemukan beberapa bentuk yaitu  (a) Wujud pengganti subjek dengan istilah lain, sejumlah 12 dengan rincian pengganti S hewan sebanyak6, pengganti S benda sebanyak2, dan pengganti S kata sifatsebanyak4, (b) Wujud keterangan aposisi tunggal,  sejumlah 13, (c) Wujud keterangan aposisi bertingkat, sejumlah 2, dan (d) Wujud pengganti unsur subjek dengan sebutan lain dan penambahan keterangan aposisi tunggal, sejumlah 2. (2) Hasil penelitian ini berupa komentar aposisi yang menjelaskan S dengan keterangan aposisi negatif, dikreasiakan menjadi keterangan aposisi yang positif untuk menerangkan S. (3) Pada bahan ajar, penggunaan keterangan aposisi digunakan sebagai bahan ajar inovatif dalam menulis teks tanggapan deskriptif dalam memberikan pemaparan pada S atau O.

 

Kata kunci: Sintaksis, Keterangan aposisi, dan Media sosial.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v5i9.4823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.