KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA DALAM NOVEL TOTTO-CHAN KARYA TETSUKO KUROYANAGI

Cintya Nurika Irma

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini menjelaskan dan mendeskripsikan (1) pandangan pengarang dalam Novel Totto-chan dan (2) latar sosial dan budaya yang terungkap dalam Novel Totto-chan. Metode kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan content analysis. Uji validasi data menggunakan triangulasi data, teori, dan metode. Teknik analisis dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pandangan pengarang terdiri dari eksistensi Mr. Kobayashi dalam mendirikan Sekolah Dasar Tomoe Gakuen yang mengkombinasikan pelajaran, musik, dan kegiatan-kegiatan tambahan serta menunjukkan kepribadiannya sebagai pendidik yang  lembut, perhatian, santun, mengarahkan anak-anak tumbuh sesuai kepribadian untuk mencapai cita-citanya, dan (2) latar sosial dan budaya meliputi a) adat dan kepercayaan mengenai jamuan minum teh dan pelarangan penyebutan kue upacara pemakaman, b) pekerjaan dari berbagai bidang, c) pendidikan digambarkan melalui Mr. Kobayashi yang berhasil melanjutkan pendidikan di Departemen Pendidikan Musik di Konservatori, d) tempat tinggal dikisahkan di Tokyo Tenggara, dan e) bahasa yang digunakan diselipkan bahasa Jepang dan bahasa Inggris.

 

Kata Kunci: Novel Totto-chan, Sosiologi Sastra


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v5i9.4822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.