BUDAYA KONSUMEN PADA CERITA CINTA INDONESIA:45 CERPEN TERPILIH
Abstract
ABSTRACT: Teenage stories are the arrows spread of consumerism. Through short stories can be described teen’s consumptive behavior is a part of modernization. The purpose of this study is to describe and explain the behavior of consumptive teenagers depicted in the collection of short stories Cerita Cinta Indonesia: 45 Terpilih.The research method used is descriptive-interpretative method that describes and interpret data related to consumer culture. The result of research in this is consumer culture which developed in adolescence related with some aspect that is fashion, transportation, food, clothing and activity related to consumer culture like party, cinema and hang out.
Key word: consumptive culture, short story
ABSTRAK: Cerita remaja merupakan anak panah penyebaran konsumenisme.Melalui cerita pendek dapat digambarkan perilaku konsumtif remaja yang merupakan bagian dari modernisasi.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menggambarkan perilaku konsumtif remaja yang tergambar pada kumpulan cerita pendek “Cerita Cinta Indonesia: 45 Cerpen Terpilih”.Metode penelitian yang digunakan, yaitudengan metode deskriptifinterpretatif yang mendeskripsikan dan menginterpretasikan data yang berkaitan dengan budaya konsumen.Hasil penelitian dalam penelitian ini, yaitu udaya konsumen yang berkembang pada remaja berkaitan dengan beberapa aspek, yaitu fashion, alat transportasi, pangan, sandang dan kegiatan yang berkaitan dengan budaya konsumen misalnya: pesta, nonton bioskop dan nongkrong.
Kata Kunci: budaya konsumen, Cerpen
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/btr.v4i8.4164
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.