PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI MELALUI PEMODELAN PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 SIDOMORO SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Siti Halimah

Abstract


ABSTRACT: During this time the poetry reading skill of sixth grade students in SD Negeri 2 Sidomoro is still low. When read poetry, they did not show how to read poetry that ideal with appropriate pronunciation, intonation and expression. They stall sheepish and unexpressed freely for read poetry. In academic year 2014/2015 only 8 students from 21 students who got a value above the complete (75). So, who got complete value is 38, 1%, with an average value is 69, 1. This is caused less precise methods and learning approaches adopted by teachers in tea­ching poetry in sixth grade of SD Negeri 2 Sidomoro. Based on background abo-ve, focus problems is low reading poetry skill in sixth grade of SD Negeri 2 Sido­moro because less precise methods and learning approaches adopted by teachers. Less reading poetry skill in sixth grade of SD Negeri 2 Sidomoro is the problem that has to find out the solution. The solution by teacher is teaching rea­ding poetry by modeling. Modeling is one of component in learning contextual. As a model not have to teacher self but can took by audio visual or show a good reader poetry models can be example how to read poetry that ideal with appro­priate pronuncia­tion, intonation and expression. Result of this research shows that first condition before got learning with modeling method obtained an average value is 69,1, com­pleteness is 8 (38, 1%), incompleteness is 13 (61, 9%) totally 21 students. At the end of the first cycle after saw model that show by audio visual, an average value is 73,9. At the end of the second cycles after saw model on face and practice, all of students got completeness value is 75 and  an average value up to 80, 1.

 

Keywords: reading poetry skill and modeling

 

ABSTRAK: Selama ini keterampilan membaca puisi peserta didik kelas VI di SD Negeri 2 Sidomoro masih rendah. Ketika membaca puisi, mereka belum menun­jukkan cara-cara membaca  puisi yang ideal dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai. Mereka kelihatan malu-malu dan belum secara bebas mengekspresi­kan puisi yang dibacanya. Pada tahun pelajaran 2014/2015 dari 21 siswa yang ber­nilai sama dan di atas KKM (75) hanya 8 siswa. Jadi yang tuntas hanya 38,1%, dengan rata-rata nilai 69,1. Hal ini disebabkan kurang tepatnya metode dan pende­katan pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran mem­baca pui­si di  kelas VI SD Negeri 2 Sidomoro. Berdasarkan latar belakang tersebut di atas, fokus permasalahan adalah rendahnya keterampilan membaca puisi siswa SD Ne­geri 2 Sidomoro karena kurang tepatnya metode dan pendekat­an yang digunakan oleh guru. Rendahnya keterampilan membaca puisi di kelas VI SD Negeri 2 Sido­moro merupakan masalah yang perlu segera dicarikan pemecah­an­nya. Solusi yang akan diambil oleh guru adalah melakukan pembelajaran puisi melalui pemodelan. Pemodelan merupakan salah satu komponen dalam pembela­jaran kontekstual. Se­bagai model tidak harus guru itu sendiri tetapi bisa diambil­kan media audio visual atau mendatangkan model pembaca puisi yang sudah bagus yang memang bisa dijadikan contoh cara membaca puisi yang ideal dengan lafal, intonasi, dan eks­pre­si yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal sebelum dilaksanakan pembelajaran dengan pemodelan diperoleh hasil rata-rata nilai 69,1, ketuntasan 8 (38,1%), tidak tuntas 13 (61,9%) dari jum­lah siswa 21. Pada akhir siklus I, setelah mengamati model yang ditayangkan melalui audio visual, diketa­hui nilai rata-rata siswa kelas VI adalah 73,9. Pada akhir siklus II, setelah menga­mati model langsung dan menirukan, semua siswa mencapai nilai ketuntasan (KKM) sebesar 75 dan rata-rata nilai meningkat men­jadi 80,1.

Kata kuci: keterampilan membaca puisi dan pemodelan


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v3i06.3530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.