GAMBAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOMUNIKATIF DENGAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MENULIS TEKS DESCRIPTIVE TENTANG ORANG DAN BANGUNAN BERSEJARAH DI KELAS X AKUNTANSI 4 SMK NEGERI 2 PURWOREJO SEMESTER
Abstract
ABSTRACT: This researchhas the background of the fact that the ability of the class X Accountantcy 4SMK Negeri 2 Purworejo to write a descriptive text in English is still low. The problems studied are (1) how the implementation of learning with media pictures to enhance learning motivation and learning outcomes in writing descriptive texts for students (2) how to increase motivation to learn English for students by using media pictures and (3) how the learning outcome in writing descriptive texts by using media pictures. The objectivesof the research are (1) to investigate the implementation of learning with media pictures in enhancing learning motivation and learning outcomes in writing descriptive textsfor students (2) to assess and improve students' motivation by using media pictures and (3) to assess and improve learning outcomes in writing descriptive texts by using media pictures.The research is carried out in class X Accountancy 4SMK Negeri 2 Purworejo, school year 2015/2016. Subject research is consisted of 32 students. The research is conducted for 2 months in two cycles. The instruments of the research used are writing test evaluation sheets, observation sheets and questionnaires. The data are analyzed descriptively by using percentage analysis.After the implementation of the action researches it is found that learning with media pictures using concept maps can improve students' writing competence. This conclusion is derived from data analysis, the average number of students from pre-acquisition researches at 63.43 and the average number of students in the first cycle to 72.75 and the second cycle increased to 78.93. In addition, there are changes in attitudes of students in learning writing descriptive text from negative to positive.
Keywords: media pictures, learning communicative, motivation, writing competence,
concept maps
ABSTRACT: Penelitian ini berlatar belakang kenyataan bahwa kemampuan siswa kelas X Akuntansi 4 SMK Negeri 2 Purworejo untuk menulis teks descriptive Bahasa Inggris masih rendah. Masalah yang dikaji adalah (1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan media gambar untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar menulis teks descriptive siswa (2) bagaimana peningkatan motivasi belajar bahasa Inggris siswa dengan menggunakan media gambar dan (3) bagaimana peningkatan hasil belajar menulis teks descriptive dengan menggunakan media gambar. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan media gambar dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar menulis teks descriptive siswa (2) untuk mengetahui dan meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media gambar dan (3) untuk mengetahui dan meningkatkan hasil belajar menulis teks descriptive dengan menggunakan media gambar.Penelitian ini dilaksanakan di kelas X Akuntansi 4SMK Negeri 2 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016.Subjek penelitihan terdiri dari 32 siswa.Penelitian dilakukan selama 2 bulan dalam 2 siklus.Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian test menulis, lembar observasi dan kuesioner.Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan analisis prosentase.Setelah dilaksanakan penelitian tindakan ditemukan bahwa pembelajaran dengan Media gambar menggunakan peta konsep mampu meningkatkan kompetensi menulis siswa. Kesimpulan ini diperoleh dari analisa data rerata nilai siswa dari pra penelitihan sebesar 63,43 dan perolehan rerata nilai siswa pada siklus I menjadi 72,75 dan siklus II meningkat menjadi 78,93. Selain ini terdapat perubahan sikap siswa dalam pembelajaran menulis teks descriptive dari negative ke positif.
Kata kunci: media gambar, pembelajaran komunikatif, motivasi, kompetensi menulis,
peta konsep
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/btr.v3i06.3529
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.