PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA YANG INOVATIF DAN KREATIF

Sukirno Sukirno

Abstract


ABSTRAK: Tujuan penyusunan makalah ini adalah memaparkan tiga model pembela­jaran sastra yang inovatif dan kreatif, yaitu model kontektual, kooperatif, dan model akselerasi. Ketiga model tersebut diadaptasi dari beberapa pendapat pakar dan sudah diujicobakan. Hasil ujicoba menunjukkan ada pengaruh positif terhadap proses belajar peserta didik dan ada peningkatan hasil belajar yang signi­fikan bagi peserta didik. Direkomen­dasikan tiga model tersebut dapat digunakan oleh para guru sebagai alternatif pembelajaran sastra yang inovatif dan kreatif.

Kata kunci: model pembelajaran sastra, inovatif, kreatif

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v2i04.3518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.