PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA YANG INOVATIF DAN KREATIF
Abstract
ABSTRAK: Tujuan penyusunan makalah ini adalah memaparkan tiga model pembelajaran sastra yang inovatif dan kreatif, yaitu model kontektual, kooperatif, dan model akselerasi. Ketiga model tersebut diadaptasi dari beberapa pendapat pakar dan sudah diujicobakan. Hasil ujicoba menunjukkan ada pengaruh positif terhadap proses belajar peserta didik dan ada peningkatan hasil belajar yang signifikan bagi peserta didik. Direkomendasikan tiga model tersebut dapat digunakan oleh para guru sebagai alternatif pembelajaran sastra yang inovatif dan kreatif.
Kata kunci: model pembelajaran sastra, inovatif, kreatifFull Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/btr.v2i04.3518
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.