PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING) DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MEMAHAMI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran penemuan (discovery learning) terhadap motivasi belajar peserta didik dalam belajar teks laporan hasil observasi, 2) pengaruh model pembelajaran penemuan (discovery learning) terhadap prestasi belajar peserta didik dalam memahami teks laporan hasil observasi. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Kaliwiro Kabupaten Wonosobo yang berjumlah 143 orang, dengan kelas VII A, VII C, VII E sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII B, VII D sebagai kelompok kontrol. Data penelitian diperoleh melalui angket dan tes. Angket, berupa skala sikap yang terdiri atas 20 butir, digunakan untuk mengetahui motivasi belajar. Tes berupa soal pilahan ganda berjumlah 40 butir. Tes ini digunakan untuk mengetahui prestasi belajar memahami teks laporan hasil observasi. Hasil penelitian dengan taraf signifikasi α=0,05 menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran penemuan (discovery learning) terhadap motivasi belajar peserta didik, 2) terdapat pengaruh model pembelajaran penemuan (discovery learning)terhadap prestasi belajar peserta didik, dan 3) model pembelajaran penemuan (discovery learning) lebih berpengaruh terhadap motivasi belajar daripada prestasi belajar peserta didik.
Kata kunci: discovery learning, motivasi, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/btr.v2i04.3516
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.