PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI (EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KARANGRAU, UNIT PENDIDIKAN KECAMATAN BANYUMAS)
Abstract
ABSTRAK: Kemampuan menulis puisi siswa sekolah dasar di SD Negeri Karangrau, Kecamatan Banyumas berdasarkan data yang ada masih rendah, sehingga perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar menulis puisi pada siswa SD kelas kelas VI di SD Negeri Karangrau, Kecamatan Banyumas. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan pendekatan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri di SD Negeri Karangrau, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VI SD Negeri 4 dan 5 Karangrau. Uji hipotesis menggunakan analisis uji t independen. Berdasarkan hasil analisis statistik dapat diketahui bahwa nilai uji t motivasi menunjukkan angka 7,121 sedangkan nilai t table pada taraf signifikan 0,05 menunjukkan angka 2,021. Nilai t tes menulis puisi menunjukkan angka10,737 sedangkan nilai t tabel pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan angka sebesar 2,021. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap peningkatan motivasi dan kemampuan menulis puisi pada siswa Sekolah Dasar kelas VI di SD Negeri Karangrau, Kecamatan Banyumas.
Kata kunci: model discovery learning, motivasi, menulis puisi
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/btr.v2i04.3513
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.