PENGEMBANGAN BAHAN AJAR YANG BERORIENTASI PADA PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Johariyah Johariyah

Abstract


Abstract

Development of the ability to write narrative elementary students can not be done optimally. Therefore, it is necessary to realize the development process of this narrative writing skills better. Such efforts can be done by the use of educational products such as books that can support learning. The scientific approach is an approach whose characteristics meet student learning objectives. With six components in the scientific approach it will produce teaching materials writing quality narrative because it can motivate students to be more active in learning. 1. The purpose of this study to describe the teaching materials oriented scientific approach in teaching narrative writing for elementary school fifth grade students. 2. To describe the effectiveness of teaching materials oriented scientific approach in teaching narrative writing for elementary school fifth grade students. This resource contains six sections, the first is to look at the narrative, ask the second part, after looking at the story, students make reading questions. The third part is to identify or to give the title. The fourth part is to reason or to complete the story. The fifth section tries, to finish the story, and part of the sixth produce or create a narrative. Teaching materials oriented scientific approach is feasible and effective for use in teaching narrative writing for students of class V SD. It is based on the results of product testing, that the value of the average pre-test experimental group was 66.38 while the average of post-test value was 87.15 and prove the value of the average experimental group increased by 20.77.

 

Keywords: teaching materials, writing narrative, scientific approach

 

Abstrak

Pengembangan  kemampuan menulis narasi siswa SD belum dapat dilakukan secara optimal. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mewujudkan proses pengembangan kemampuan menulis narasi  ini secara lebih baik. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan cara penggunaan produk pendidikan seperti buku yang dapat menunjang pembelajaran. Pendekatan saintifik adalah suatu pendekatan yang karakteristiknya memenuhi tujuan belajar siswa. Dengan enam komponen yang ada pada pendekatan saintifik  maka akan dihasilkan Bahan Ajar Menulis Narasi yang berkualitas karena dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini 1. mendiskripsikan bahan ajar yang berorientasi pada pendekatan saintifik dalam pembelajaran  menulis narasi untuk  siswa kelas V sekolah dasar. 2. mendiskripsikan keefektifan bahan ajar  yang berorientasi pada pendekatan saintifik dalam pembelajaran menulis narasi untuk siswa kelas V sekolah dasar. Bahan ajar ini  berisi 6 bagian, bagian satu mencermati narasi, bagian kedua menanya, setelah mencermati cerita, siswa membuat pertanyaan bacaan. Bagian ketiga mengidentifikasiatau memberi judul. Bagian keempat menalar, dengan melengkapi cerita. Bagian kelima mencoba, dengan menyelesaikan cerita,dan bagian keenam memproduksi atau membuat narasi. Bahan ajar yang berorientasi pada pendekatan saintifik ini layak dan efektif untuk digunakan pada pembelajaran menulis narasi untuk siswa kelas V SD. Hal tersebut berdasar hasil uji produk, bahwa nilai rata-rata pre tes kelompok  eksperimen adalah 66,38  sedangkan nlai rata-rata post tes  adalah 87,15 dan membuktikan nilai rata-rata kelompok eksperimen mengalami kenaikan sebesar 20,77.

 

Kata kunci: bahan ajar, menulis narasi, pendekatan saintifik


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v2i04.3512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.